Jelang Akhir Tahun 2021, Instagram Umumkan 3 Fitur Baru | Tulungagung TIMES

Jelang Akhir Tahun 2021, Instagram Umumkan 3 Fitur Baru

Dec 20, 2021 14:37
Instagram (Foto: quora.com)
Instagram (Foto: quora.com)

JATIMTIMES - Instagram sampai saat ini masih menjadi salah satu media sosial terfavorit. Untuk memanjakan pengguna, Instagram telah menghadirkan 3 fitur baru jelang penutupan tahun 2021. 

Terdapat dua fitur sudah tersedia secara global. Sementara satu fitur lainnya baru aktif untuk pengguna di Amerika Serikat. Ketiga fitur baru ini telah diumumkan langsung oleh bos Instagram Adam Mosseri melalui sebuah unggahan.

Baca Juga : Gandeng Kodati, Pertamina EP Cepu Gelar Operasi Katarak Gratis Di RSNU Tuban

Pertama, terdapat fitur baru yang bersifat temporal, atau berlaku di jangka waktu tertentu. Fitur ini adalah Instagram Playback atau #IGPlayBack.

Fitur ini disediakan untuk pengguna mengunggah momen terpilih yang terjadi sepanjang tahun. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunggah serangkaian momen di Instagram Story dengan bingkai 2021.

"Kami ingin membuat sesuatu yang membuat Anda bisa merayakan momen-momen favorit selama 2021" ujar Mosseri dalam video yang diunggahnya di akun Instagram pribadinya. 

Lalu fitur kedua adalah Reels Visual Replies. Fitur ini memberikan kemampuan untuk pengguna membagikan (share) salah satu komentar di unggahan feed ke Instagram Reels.

Pengguna bisa memilih komentar teman di kolom komentar, lalu membagikannya di Reels dengan menambah aset atau hiasan tertentu, serta mengunggah foto/video yang berkaitan dengan komentar yang dibagikan.

"Jika Anda seorang kreator, fitur ini dapat mendorong Anda untuk bersentuhan dengan pengikut sebanyak mungkin," tutur Mosseri.

Fitur ini terlihat seperti yang dimiliki aplikasi TikTok. Fitur menggunakan komentar sesama pengguna untuk konten tanya jawab, atau mungkin untuk menjawab tantangan.

Baca Juga : Produk Minuman Khas Malang Ini Ramaikan Lomba TikTok Peringati Hari Jadi ke-1261 Kabupaten Malang

Mosseri menyebut semakin sering pengguna menggunakan fitur ini, semakin besar pula kemungkinan bagi seorang kreator mengembangkan akun untuk meraup engagement yang lebih luas lagi.

Fitur selanjutnya ialah Profile Embed. Jika biasanya pengguna hanya bisa embed atau menautkan unggahan Instagram di platform lain seperti blog, CMS, dan seterusnya, kini pengguna bisa embed profil Instagram.

Tampilan profil yang ditautkan akan disertai beberapa thumbnail unggahan feed teratas. Namun sayang fitur tersebut belum dirilis secara global. 

Saat ini fitur itu barus bisa digunakan untuk pengguna Instagram di Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Fitur Baru Instagram Instagram

Berita Lainnya