06/12/2022 Miliki 1.306 Kaki, Ini Hewan dengan Jumlah Kaki Terbanyak yang Bentuknya Menyerupai Tali Arloji | Tulungagung TIMES

Miliki 1.306 Kaki, Ini Hewan dengan Jumlah Kaki Terbanyak yang Bentuknya Menyerupai Tali Arloji

Dec 19, 2021 09:52
Hewan dengan kaki terbanyak di dunia. (Foto: Paul E. Marek, Bruno A. Buzatto, William A. Shear, Jackson C. Means, Dennis G. Black, Mark S. Harvey, Juanita Rodriguez, Scientific Reports.)
Hewan dengan kaki terbanyak di dunia. (Foto: Paul E. Marek, Bruno A. Buzatto, William A. Shear, Jackson C. Means, Dennis G. Black, Mark S. Harvey, Juanita Rodriguez, Scientific Reports.)

Pewarta: Arifina Cahyati Firdausi | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Sebutan hewan kaki seribu, sudah biasa di dengar oleh masyarakat di dunia. Meski, jumlah kaki hewan tersebut sejatinya tak benar-benar nyata sebanyak 1.000. Bahkan, kaki seribu ada yang hanya memiliki kaki berjumlah kurang dari 100. 

Tapi, ada sebuah penemuan baru-baru ini yang memecahkan rekor dunia. Yaitu, sebuah penemuan hewan dengan jumlah kaki sebanyak 1.360. Ya, hewan ini kiranya juga masuk dalam kaki seribu yang baru saja ditemukan di Australia belum lama ini.

Baca Juga : Styling One Set Outfit Kecokelatan Biar Tak Monoton, Simple dan Modis Abis

Dikutip dari Live Science, kaki seribu baru tersebut diberi nama Eumilipes persephone. Hewan ini membuat mahluk yang hidup di bawah permukaan Bumi itu menjadi satu-satunya hewan yang hidup sesuai dengan namanya.

Eumilipes persephone memecahkan rekor baru sebagai hewan yang memiliki kaki terbanyak di dunia. Ahli entomologi dari Universitas Virginia Tech dan penulis utama studi Paul Marek menyebut kalau hewan ini merupakan mahluk pucat tanpa mata dengan tubuh panjang seperti benang.

Kepalanya berbentuk kerucut memilik antena besar untuk menavigasi dunia gelap yang diatur oleh feromon. Sementara, mulutnya dioptimalkan untuk memakan jamur.

Kakinya sulit dihitung karena hewan itu cenderung melilit seperti pegas arloji kecil, bahkan mirip tali arloji yang melilit dan sempat trend beberapa tahun terakhir ini. Namun di sisi lain kakinya juga memberikan petunjuk tentang umur mahluk ini.

Kaki seribu tumbuh dengan menambahkan segmen tubuh yang disebut cincin, sepanjang hidup mereka. Ahli entomologi dapat menghitung segmen ini seperti layaknya lingkaran pohon untuk menetapkan usia relatif.

"Saya menduga hewan-hewan ini berumur sangat panjang," kata Marek.

Baca Juga : Menuju Malang Makmur, Pemkab Malang Apresiasi WP Taat Pajak

Mengingat seberapa sering spesies kaki seribu menambahkan segmen tubuh, peneliti memaparkan kalau Eumilipes persephone hidup antara 5 hingga 10 tahun. Ini lebih lama dibandingkan dengan kaki seribu lain yang hidup berkisar 2 tahun saja.

Judul berita Miliki 1.306 Kaki, Ini Hewan dengan Jumlah Kaki Terbanyak yang Bentuknya Menyerupai Tali Arloji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
hewan kaki seribu spesies kaki seribu

Berita Lainnya