Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Ciliandra Fangiono, Orang Terkaya Termuda di Indonesia di Usia 45 Tahun

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

17 - Dec - 2021, 10:00

Ciliandra Fangiono (Foto: IST)
Ciliandra Fangiono (Foto: IST)

JATIMTIMES - Jelang akhir tahun 2021, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Dari daftar 50 orang paling terkaya se-Indonesia itu, terselip sosok bernama Ciliandra Fangiono. 

Di usianya yang masih muda, yakni 45 tahun, Ciliandra menempati posisi ke-24 orang terkaya Indonesia. Ia dinyatakan sebagai orang terkaya termuda. 

Baca Juga : Kodim Lamongan Ikut Sukseskan Vaksinasi Anak

Total kekayaan bersih yang dimiliki Ciliandra, ditaksir mencapai Rp 1,83 miliar dollar AS atau setara Rp 26,1 triliun (kurs Rp 14.300). Ciliandra memiliki sumber kekayaan terbesar dari perkebunan sawit

Ia adalah generasi kedua yang mewarisi perusahaan sawit dari sang ayah, Martias. Ciliandra merupakan CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura. 

Perusahaan tersebut banyak menguasai ratusan ribu hektare lahan sawit di Indonesia. First Resources sendiri dirintis sang ayah sejak 2 dekade silam.

Perusahaan itu memiliki puluhan pabrik pengolahan sawit yang tersebar di Sumatera dan Kalimantan. Melansir melalui laman resminya, First Resources didirikan pada tahun 1992 dan terdaftar di Bursa Singapura sejak 2007.  

First Resources merupakan salah satu produsen minyak sawit terkemuka di Asia Tenggara, yang mengelola lebih dari 200 ribu hektare perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat di Indonesia.

Kegiatan bisnis inti perusahaan, yakni meliputi budidaya kelapa sawit, memanen tandan buah segar (TBS), dan mengolahnya menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit (PK). 

Selain perkebunan dan pabrik kelapa sawit, First Resources melalui pabrik penyulingan, fraksionasi, biodiesel, dan penghancur inti juga memproses produksi CPO dan PK menjadi produk berbasis kelapa sawit yang bernilai lebih tinggi. 

Sebelum terjun mengelola bisnis warisan ayahnya, Ciliandra sempat meniti karier di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura. Ciliandra tercatat sebagai Senior Scholar di bidang Ekonomi dan pernah dianugerahi PriceWaterhouse Book saat masih di Universitas Cambridge. 

Baca Juga : Shelter Lansia Kota Malang Berbuah Penghargaan dari Gubernur Jatim

Sebagai informasi, Forbes menyusun daftar orang terkaya di Indonesia berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya.

Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki keluarga besar. Peringkat itu juga mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Dalam Forbes tahun ini, urutan teratas orang terkaya di Indonesia tetap diduduki oleh Hartono bersaudara. 

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono masih bertahan di urutan pertama orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Tercatat total kekayaan bersih 2 bersaudara itu mencapai 42,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 611,4 triliun.

Kekayaan mereka meningkat 3,8 miliar dollar AS atau Rp 54,5 triliun berkat kenaikan saham BCA. Hartono bersaudara ini dikenal sebagai pemilik Grup Djarum, di antaranya ada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). 

Keluarga tersebut juga merupakan pemilik merek elektronik populer Polytron dan real estat utama di Jakarta. Dengan kekayaan yang begitu besar, tak heran jika Robert Budi dan Michael Hartono selalu masuk daftar teratas orang terkaya di Indonesia.


Topik

Profil


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni