Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Wabup Lumajang Minta BNPB Kirim Helikopter Untuk Evakuasi Warga 

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Yunan Helmy

05 - Dec - 2021, 01:25

Letusan awan panas Gunung Semeru (Foto : Asmadi / JatimTIMES)
Letusan awan panas Gunung Semeru (Foto : Asmadi / JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati meminta Kepala BNPB, Mayjen Suharyanto dapat mengirimkan helikopter untuk mengevakuasi warga yang masih terisolir. 

Hal itu disampaikannya saat terhubung melalui video conference di Puskesmas Penanggal, Kecamatan Candipuro, Sabtu (04/12).

Baca Juga : Badan Geologi Kementerian Energi Beber Muntahan Material Gunung Semeru hingga Kondisi Terkini

"Barang kali BNPB bisa bantu, apabila cuaca memungkinkan ada helikopter untuk memantau. Karena ada warga kami yang terjebak, kami kesulitan keluarga di sini menangis. Ada 8-10 orang yang terjebak, barang kali ada helikopter yang bisa memantau," kata Wabup Lumajang.

Bunda Indah menjelaskan bahwa saat ini sebagian besar 300 KK di Dusun Curah obokan berhasil dievakuasi. Tinggal beberapa orang sulit dilakukan evakuasi karena sulitnya medan.

"Satu jam yang lalu masih ada sekitar 10 orang yang belum bisa dievakuasi karena lokasi sulit, evakuasi lamban karena mobil evakkuasi terhambat lumpur, kami dibantu kominitas jeep, hingga saat ini masih proses evakuasi," ujarnya.

Bunda Indah juga berharap BPBD Kabupaten Malang dapat mendirikan posko pengungsian di Kecamatan Pronojiwo mengingat akses yang terputus akibat ambruknya Jembatan Perak.

Baca Juga : Badan Geologi KESDM Beber Kondisi Gunung Semeru hingga Erupsi

Menanggapi permintaan Wabup Lumajang, Mayjen Suharyanto bemenyatakan siap mengirim dua 2 helikopter untuk membantu evakuasi warga terisolir dampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru.

"Yang utama bagi kami adalah keselamatan jiwa masyarakat, kalau cuaca memungkinkan kami juga kirimkan 2 helikopter untuk mengevakuasi warga," jelasnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Yunan Helmy