Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kapolsek Sumbergempol Beber Strategi Jaga Situasi Kamtibmas Pilkades Antar-Waktu Desa Sambirobyong

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

29 - Nov - 2021, 21:53

Kapolsek Sumbergempol AKP I Nengah Suteja saat di lokasi pilkades antarwaktu Desa Sambirobyong. Senin, 29/11/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Kapolsek Sumbergempol AKP I Nengah Suteja saat di lokasi pilkades antarwaktu Desa Sambirobyong. Senin, 29/11/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Lancar dan amannya pelaksanaan pemilihan Kepala desa (pilkades) antar Lwaktu Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol, Senin (29/11/2021) tidak luput dari peran TNI, Polri, linmas dan masyarakat desa setempat.

Dalam menjaga situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) khususnya Desa Sambirobyong yang sedang melaksanakan event politik tingkat desa, Kapolsek Sumbergempol AKP I Nengah Suteja membeberkan strategi atau upaya-upaya yang sudah dilakukan anggotanya bersama instansi terkait.

Baca Juga : Cegah Klaster Baru Jelang Nataru, Polsek Jogorogo Sosialisasi Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021

"Yang jelas saya sebagai kapolsek menggandeng fanramil dan camat. Setiap tahapan pilkades, selalu hadir ke desa, baik diundang atau tidak. Kami memberikan masukan-masukan. Setelah itu di lapangan, kami keliling kepada tokoh-tokoh masyarakat supaya menjaga situasi kamtibmas," kata Suteja,  Senin (29/11/2021).

Menurut Suteja, selain keliling ke tokoh masyarakat, pihaknya juga bersilaturrahmi kepada semua calon kades antarwaktu dengan niatan sama, yaitu titip kamtibmas.

Untuk tahapan puncak pilkades antarwaktu, yaitu musyawarah fesa (musdes) pemungutan suara, Suteja mengaku menurunkan sejumlah personel gabungan dari polsek, koramil, trantib, dan linmas. Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang tidak berkepentingan atau yang tidak punya hak pilih untuk tidak masuk ke lokasi acara (balai desa).

"Alhamdulillah semua masyarakat ikut membantu menjaga Kamtibmas. Sampai acara selesai ini, kamtibmas kondusif," ucapnya.

Sebagai kapolsek, Suteja selalu menyampaikan kepada masyarakat Desa Sambirobyong untuk selalu menjaga kerukunan walaupun berbeda pilihan. Jangan sampai beda pilihan mengakibatkan antarwarga baik di tingkat RT, RW, dan dusun terjadi pertengkaran.

Baca Juga : Desa Pertama di Blitar yang Terapkan Salam Sak Jangkah, Desa Sanankulon Terus Berinovasi dalam Pelayanan Kependudukan

"Silakan memilih tapi kita tetap rukun, karena ajaran agama maupun negara, (pertengkaran) itu dilarang. Yang jelas kita harus silaturahmi," tambahnya.

Terakhir, Suteja juga mengungkapkan bahwa potensi memanasnya suhu politik di tingkat musyarakat tidak terjadi karena masifnya sosialisasi dan turunnya anggotanya bersama trantib untuk memberi wawasan kepada masyarakat sehingga kesadaran masyarakat menjadi tinggi.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy