Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Izinkan Sekolah Tambah Hari PTMT, Ini Pesan Wali Kota Kediri

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

18 - Nov - 2021, 19:23

Suasana belajar mengajar di salah satu sekolah dasar di Kota Kediri. (Foto: istomewa)
Suasana belajar mengajar di salah satu sekolah dasar di Kota Kediri. (Foto: istomewa)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan mulai memperbolehkan sejumlah sekolah menambah hari Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dengan kapasitas 50%. Walau begitu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum sekolah mengambil kebijakan tersebut. Mengenai hal tersebut, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mewanti-wanti penerapan protokol kesehatan di sekolah.

"Saya minta adanya penambahan hari masuk tetap harus dibarengi dengan penerapan 5M yang ketat di lingkungan sekolah. Baik orang tua dan guru tetap mengawasi anak-anak agar tetap pakai masker dan jaga jarak," ujar Mas Abu sapaan Wali Kota Kediri, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga : Si Komo Sering Mogok, Bupati Kediri Berikan Bus Baru untuk Persedikab

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri Marsudi Nugroho menyampaikan, kebijakan ini dapat dilaksanakan sesuai kondisi dan situasi masing-masing sekolah. "Seperti kesiapan guru, sarana prasarana, dan kesiapan orang tua," ujar Marsudi. Selain itu, sekolah juga diharapkan selalu koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Kediri. 

Marsudi menambahkan, kebijakan penambahan hari PTMT ini diambil berdasarkan SKB 4 Menteri. Di dalamnya tertulis jumlah hari dan jam PTMT dengan pembagian rombongan belajar ditentukan satuan pendidikan dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah.

"Sementara untuk penambahan jam masih menunggu kebijakan baru atau keinginan sekolah. Dikarenakan saat ini kapasitas yang berlaku masih 50%," tambah Marsudi.

Pelaksanaan penambahan hari masuk PTMT yang dimulai pada pekan ini, SDN Burengan 2 Kota Kediri menjadwalkan kelas 4,5, dan 6 masuk pada hari Jumat. "Bahkan per Senin (22/11) Kelas 1-6 akan masuk secara bersamaan dengan kapasitas tetap 50% yang dibagi dalam 2 sesi belajar," ujar Kepala SDN Burengan 2, Suwandi.

Baca Juga : "Selimut Hati", Sekolah Perempuan Sadarkan Hak-Hak Perempuan di Kota Kediri

Tambahnya, hal tersebut sudah atas persetujuan orang tua dan guru pengajar, serta sarana yang ada sudah memadai. Sementara itu, beberapa sekolah lain melakukan persiapan bertahap untuk menerapkan penambahan hari masuk seperti konfirmasi Humas SMPN 5 Kota Kediri, Koentjoro. 

Ia menyampaikan sarana dan prasarana sudah disiapkan sembari mengkaji kebijakan penambahan hari masuk. Saat ini, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Kediri terdapat 413 satuan pendidikan dari jenjang Paud, TK, SD, dan SMP yang telah mengikuti PTMT dan bertahap melaksanakan penambahan hari masuk.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana