Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

PPKM Level 3 akan Diterapkan Se-Indonesia, Muktamar NU Ditunda

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - Nov - 2021, 11:00

PBNU (Foto: Facebook)
PBNU (Foto: Facebook)

JATIMTIMES - PBNU memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Muktamar NU. Sebelumnya, muktamar NU akan digelar pada Desember 2021. 

Penundaan tersebut dilakukan sejalan dengan rencana pemerintah untuk kembali menerapkan PPKM level 3 se-Indonesia saat Hari Natal dan Tahun Baru 2022. 

Baca Juga : Kali Telu Meluap, Ratusan Rumah di Tulungagung Lumpuh Dikepung Banjir

"Maka, dalam konteks itu, PBNU nanti akan memutuskan jadwalnya kapan, meskipun sudah banyak aspirasi yang menyampaikan aspirasi bahwa hendaknya diundur bertepatan dengan hari baik, yaitu tanggal 31 Januari 2022, di mana bertepatan dengan harlah NU," kata Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini.

Sayangnya, Helmy belum bisa menyampaikan tanggal pasti Muktamar NU akan digelar. Menurutnya, hal itu akan diputuskan oleh pengurus PBNU.

"Nanti akan diputuskan oleh Ketua Umum dan Sekjen PBNU, Rais Aam dan Katib Aa," ujar Helmy.

Keputusan penundaan ini, sejalan dengan hasil Munas dan Konbes NU beberapa waktu lalu. 

"Jadi PBNU sesuai dengan hasil Munas-Konbes yang lalu bahwa terkait dengan jadwal yang sudah ditetapkan tanggal 25 Desember 2021 akan mengikuti protokol dan mendapatkan persetujuan atau izin dari Satgas pemerintah. Itu keputusannya dan dalam hal terjadi situasi yang tidak dimungkinkan, maka Konbes NU menyerahkan sepenuhnya kepada PBNU," ujar Helmy.

Baca Juga : Bangunan Pasar Besar Kota Batu Segera Dilelang Harganya Mendekati Rp 600 Juta

Dalam hal ini, PBNU menyatakan pihaknya tentu taat pada keputusan pemerintah. PBNU juga tidak ingin memaksakan diri menjadi contoh yang tidak baik dalam penegakan protokol kesehatan. 

Seperti diketahui, dalam Muktamar NU yang sejatinya digelar pada Desember mendatang akan dilakukan pula pemilihan Ketua Umum PBNU. Adapun calon Ketum PBNU bermunculan seperti Ketum PBNU saat ini, Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni