Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Melebihi Istighfar, Ucapkan 1 Kali Kalimat Ini Usai Salat, Segala Dosa akan Terampuni

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

18 - Nov - 2021, 08:19

Ilustrasi (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi (Foto: unsplash.com)

JATIMTIMES - Dakwa almarhum Syekh Ali Jaber sampai kini masih terus dikenang. Di salah 1 ceramahnya, Syekh Ali Jaber pernah mengungkap sebuah kalimat yang sangat mudah untuk diucapkan.

Satu kali saja kalimat itu diucapkan sebagai penyempurna, segala dosa akan terampuni seketika. Namun kalimat yang dimaksud bukanlah istughfar.

Baca Juga : Densus 88 Tangkap Anggota MUI, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar: Harus Ditindak Sesuai Hukum 

Lantas kalimat apakah yang dimaksud  Syekh Ali Jaber? Berikut ulasannya: 

Melansir melalui video yang diunggah di kanal YouTube Lentera Hati, Selasa, 17 Februari 2015 menerangkan bahwa salah satu ibadah wajib yang haram hukumnya bila ditinggalkan ialah salat fardhu 5 waktu.

Salat yang bila ditotal jumlah rakaatnya ada 17 itu adalah perintah langsung dari Allah SWT tanpa perantara malaikat. Oleh sebab itu, sifat dari ibadah ini sangat penting bagi umat Islam. 

Lantaran salat sebagai tiang agama yang harus dijaga. Namun ternyata, tidak cukup salat fardhu saja, karena ada amalan-amalan sunnah lain setelahnya yang diajarkan Nabi Muhammad SAW

Menurut Syekh Ali Jaber, setelah orang mengerjakan ibadah wajib itu, hendaknya mengikuti sunnah yang ada. Salah satunya yakni membasahi lidah dengan kalimat-kalimat mulia dengan jumlah tertentu atau disebut dzikir.

Adapun dzikir yang disunnahkan Rasulullah ialah tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak 33 kali yang totalnya 99 kali. Maka harus disempurnakan agar jumlahnya menjadi seratus dengan satu kalimat tauhid. 

Apabila dilakukan, niscaya segala dosa akan terampuni.

Baca Juga : Informasi Beasiswa Unisma, Jenis hingga Syaratnya Agar Bisa Diterima

"Ditutupi dengan satu kali La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyi wa yumitu, biyadihil khoir, wa huwa 'ala kulli syai'in qodir," ujar Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber menyebut bahwa orang yang membuang kesempatan agar dosa-dosanya terampuni itu akan rugi dan dianggap miskin.

"Setelah sholat fardhu, dapat diampuni segala dosa kita, rugi, miskin, orang-orang yang memiliki kesempatan seperti ini tapi tidak memanfaatkannya," kata Syekh Ali Jaber.


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni