Hujan Deras Semalaman, 3 Desa di Kecamatan Kalidawir Alami Banjir | Tulungagung TIMES

Hujan Deras Semalaman, 3 Desa di Kecamatan Kalidawir Alami Banjir

Nov 12, 2021 15:35
BPBD Tulungagung dan petugas Kepolisian saat meninjau lokasi bencana, Jum'at, 12/11/2021. (Foto: Humas BPBD for TulungagungTIMES)
BPBD Tulungagung dan petugas Kepolisian saat meninjau lokasi bencana, Jum'at, 12/11/2021. (Foto: Humas BPBD for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Hujan Deras yang terjadi di Kabupaten Tulungagung Jum'at (12/11/2021) mulai pukul 01.00-05.00 WIB membuat 3 Desa di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung mengalami banjir.

Banjir disebabkan karena terkikis dan jebolnya talut yang tidak menampung debit air yang membesar karena curah hujan semalaman. Jebolnya talut mengakibatkan air meluap ke pemukiman warga.

Baca Juga : Edarkan Narkoba, Pria Lulusan SMP ini Ditangkap Satresnarkoba Polres Tulungagung

kalidawir-banjir-03f3a633e892983a1c.png

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung melalui Kabid Logistik dan Kebencanaan Nursono mengatakan, hujan deras semalam menyebabkan 3 desa di Kecamatan Kalidawir yaitu Desa Betak, Desa Tunggari dan Desa Karang Talun mengalami banjir.

Menurut Nursono, tingginya curah hujan yang melanda Tulungagung kurang lebih 4 jam itu mengakibatkan air meluap dan mengikis talut penahan aliran sungai jebol dan air meluap ke pemukiman warga.

"Air meluap mengakibatkan Talut dan rumah warga terdampak di Kecamatan Kalidawir, yaitu Desa Betak, Desa Tunggangri dan Desa Karang Talun," kata Nursono, Jum'at (12/11/2021).

Dampak dari kejadian itu, lanjutnya, 1 (satu) talut di Desa Betak jebol dengan panjang kurang lebih 20 meter, lebar 3 meter dan sawah warga terendam air luapan sungai dengan kedalaman kurang lebih meter.

Untuk Desa Tunggangri, talut terkikis dengan panjang kurang lebih 50 meter, lebar 1 meter dan kedalaman 3 meter. "Desa Karang Talun ada 6 rumah warga yang terdampak luapan sungai," ungkapnya.

Baca Juga : Banjir Kepung Tulungagung, Tanggul Jebol dan Sejumlah Rumah Terendam Air

 

Saat ini, agen bencana bersama BPBD Tulungagung baru selesai melakukan assessment, luapan air lokasi terpantau sudah surut dan cuaca hujan dengan  intensitas ringan.

"Saat ini kondisi Tulungagung aman terkendali," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
banjir tulungagung berita banjir tulungagung dampak banjir tulungagung

Berita Lainnya