Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021, Bupati Tulungagung Bacakan Sambutan Mensos | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021, Bupati Tulungagung Bacakan Sambutan Mensos

Nov 10, 2021 13:34
Foto bersama Forkopimda Tulungagung usai upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di halaman Pemkab Tulungagung. Rabu, 10/11/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Foto bersama Forkopimda Tulungagung usai upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 di halaman Pemkab Tulungagung. Rabu, 10/11/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

JATIMTIMES -  Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 diperingati di Tulungagung.  Dalam kesempatan ini, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo membacakan sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini. 

Dalam sambutan yang dibaca di tengah-tengah peserta upacara di halaman Pemkab Tulungagung itu, banyak pesan  kebangsaan dan sejarah yang tesurat di dalamnya.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 10 November 2021: Al Kecewa ke Andin karena Tak Izin Minta Bantuan Om Irvan

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, Indonesia mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali peperangan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 namun selalu mengalami kegagalan.

"Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena konflik politik devide et impera atau politik adu domba," kata Bupati Maryoto, Rabu (10/11/2021).

Maryoto mengajak semua masyarakat harus sadar tentang sebuah perbedaan yang ada. Dengan adanya perbedaan sara, suku, agama, ras dan antar-golongan, jangan sampai membuat bangsa terpecah-pecah karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum sumpah Pemuda Tahun 1928.

Pertempuran 10 November tahun 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan, lanjut Maryoto, harus menjadi contoh. Yaitu dengan satu tekad gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apa pun serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

"Semangat tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas," ucapnya.

Selain itu, gerakan tersebut sejalan dengan tema Hari Pahlawan Tahun 2021, yaitu Pahlawanku Inspirasiku.

Ditambahkan, dalam 20 tahun mendatang (2020-2040), Indonesia akan memasuki bonus demografi. Yaitu periode angka dependency ratio akan mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

Namun, di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan saksama. Kenyataan ini harus dihadapi semua dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya serta semua pasti bisa karena Tuhan Maha Kaya dan Maha Adil.

"Hal ini harus menjadi cambuk untuk meneguhkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Kini saatnya kita berdiri dan bergandengan tangan seraya berteriak, kita pasti bisa. Tentunya dengan taufik dan hidayahNya," tambahnya

Baca Juga : Momen Peringatan Hari Pahlawan, Wali Kota Kediri: Harus Dimaknai dengan Semangat Berkarya

Melalui peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, Maryoto mengajak semua masyarakat Tulungagung untuk bersama-sama bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Apakah manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan jka kita bukanlah tuan dan nyonya di negeri sendiri?
Oleh karenanya, kita akan membuka kesempatan keluarga para penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan. 

"Untuk itu, kita akan mengupayakan program graduasi yang sesungguhnya, melalui pendidikan vokasi. Serta peningkatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis peluang yang ada atau peluang yang bisa diciptakan atau minat dan bakatnya," ucap Maryoto.

Sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Maryoto mengajak agar masyarakat untuk bersama meluangkan waktu sejenak melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik pada hari ini tanggal 10 Nopember 2021 pukul 08.15 waktu setempat dimanapun kita berada, seraya berdoa semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para pahlawan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Mewakili mensos, Maryoto juga mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan.

"Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi setiap langkah kehidupan kita. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Hari Pahlawan Hari Pahlawan di Tulungagung Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berita tulungagung

Berita Lainnya