Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Profil

Disahkan Sebagai Panglima TNI oleh DPR Hari ini, Cerita Jenderal Andika Perkasa yang Ternyata Mualaf

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

08 - Nov - 2021, 08:55

KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: Pikiran Rakyat)
KSAD Jenderal Andika Perkasa (Foto: Pikiran Rakyat)

JATIMTIMES - KSAD Jenderal Andika Perkasa akan disahkan sebagai Panglima TNI oleh DPR hari ini Senin (8/11/2021). Pengesahan tersebut sudah dipastikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyahari. 

Pihaknya juga telah mengundang Andika untuk hadir ke rapat paripurna DPR RI yang akan digelar hari ini, Senin (8/11/2021) pukul 10.00 WIB. 

Baca Juga : Bermotif Serat Marmer, Keramik Dinding Warna Putih dari Graha Bangunan Bikin Rumah Makin Cantik

"Insya Allah (Senin) jam 10 rapat paripurna, dan Jenderal Andika diundang ke paripurna untuk disampaikan pengambilan keputusan DPR," kata Abdul Kharis. 

Andika sendiri telah menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI pada 6 November 2021. Verifikasi faktual yang dilakukan Komisi I DPR dengan mengunjungi kediaman Jenderal Andika juga telah dilaksanakan Minggu (7/11/2021) sore. 

Jenderal Andika Perkasa Ternyata Mualaf

Detik-detik jelang menjabat sebagai Panglima TNI, terdapat fakta baru terungkap tentang sosok Andika Perkasa. Andika ternyata adalah seorang mualaf. 

Hal itu berawal dari beredarnya data mengenai Andika saat masih menjadi taruna di Akademi Militer (Akmil). Di data tersebut tertulis bahwa Andika beragama Katolik.

Tertulis nama lengkap Andika Perkasa adalah Emanuel Andika Perkasa dalam dokumen yang beredar. Agama Andika disebutkan adalah Katolik. 

Sedangkan ayah Andika Perkasa adalah FX Soenarto, yang juga seorang pensiunan TNI. Pengamat militer Selamat Ginting mengatakan, saat taruna Andika Perkasa memang beragama Katolik karena ia dibesarkan dari keluarga beragama Katolik.

"Dari nama-nama itu dan agama jelas pada saat itu Andika Perkasa beragama Katolik," kata Selamat dikutip dari YouTube Hersubeno Point.

Namun Selamat Ginting mengingatkan momen saat Andika dilantik sebagai KSAD pada 2018. Saat itu Andika dilantik dengan sumpah di atas Alquran.

Baca Juga : Pasca Banjir, Krisdayanti Datangi Kota Kelahiran Sambil Berbagi dengan Korban

Artinya kata Selamat, jelas Andika Perkasa kini beragama Islam. Menurut Selamat, Andika menjadi mualaf saat memutuskan menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono.

Andika menikah dengan Hetty saat masih berpangkat kapten. Pernikahan itu juga berlangsung dengan cara Islam.

"Artinya di situlah Andika mualaf," terang Selamat. 

Menjadi mualaf, Andika tidak lagi menggunakan nama Emanuel. Dalam tulisan Made Supriatma di Indoprogress disebutkan Andika merubah namanya menjadi Muhamad Andika Perkasa saat jadi mualaf.

Keislaman Andika ini juga terlihat di momen-momen bulan Ramadan. Saat Ramadan, kata Selamat, Andika sering menggunakan kopiah dan baju koko.

"Pada saat Idul Fitri juga. Pada saat menyambut cucunya itu juga Andika terlihat menggunakan baju koko dengan wajah sumringah. Jadi clear lah Andika Perkasa seorang muslim," papar Selamat.


Topik

Profil


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni