Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Presiden Jokowi Bakal Bersih-Bersih Kabinet?

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

07 - Nov - 2021, 10:22

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Instagram @jokowi).
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Instagram @jokowi).

JATIMTIMES - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melakukan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Hal ini berseiring dengan masa pensiun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebentar lagi dan digantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dilansir dari berbagai sumber, dugaan resuffle Kebinet tersebut disampaikan Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes.

Baca Juga : Gelorakan Nasionalisme, Mensos Risma Ajak Anak-Anak Yatim Korban Covid-19 Ziarah ke Makam Bung Karno

"Setelah beliau pensiun, saya kira Pak Hadi akan mendapatkan tugas khusus dari presiden. Bisa diakomodasi di posisi kementerian atau di posisi yang lain," katanya, Minggu (7/11/2021).

Hal lain yang mendorong reshuffle kabinet adalah masa pemerintahan Jokowi yang sudah memasuki tahun ketiga. Masa ini, menurut Arya, waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja kabinetnya.

"Kabinet Jokowi-Ma'ruf sudah tahun ketiga dan tentu sudah waktu yang pas bagi pemerintah, bagi presiden, untuk mengevaluasi kembali kinerja, capaian, performa menteri-menteri," ungkapnya.

Selain itu, masuknya PAN ke dalam koalisi juga menjadi faktor lain adanya reshuffle dalam waktu dekat. Arya meyakini Jokowi akan memberikan kursi untuk PAN sebagai imbal balik dari dukungan politik yang diberikan. "Saya kira, saya menduga akan ada semacam akomodasi bagi PAN di kursi kabinet," katanya.

Apalahi, tahun depan telah memasuki tahun politik untuk persiapan Pemilu 2024. Dalam hal ini, Arya meyakini Jokowi akan kembali meminta komitmen para menterinya untuk bekerja dengan pemerintah.

Baca Juga : Ingin Selamatkan Kompetisi, Arema FC Legawa Seri 3 Tetap di Jawa Tengah

Meski begitu, Arya tak mengetahui pasti kapan tepatnya reshuffle kabinet ini akan dilakukan Jokowi. Namun, dia menduga reshuffle itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kalau saya menduga sih bakal ada reshuffle ya dalam beberapa waktu ke depan. Saya nggak tahu waktunya. Paling nggak karena ada 3 kondisi yang memungkinkan itu terjadi," ucapnya.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy