Jatim Times Network Logo
03/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tegaskan Usut Pelaku, Kapolres Tulungagung Koordinasi dengan Tokoh Perguruan agar Jaga Kondusivitas

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

04 - Nov - 2021, 11:42

Saat perguruan silat di Kecamatan Bandung turun jalan. (Foto : Istimewa / TulungagungTIMES)
Saat perguruan silat di Kecamatan Bandung turun jalan. (Foto : Istimewa / TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Ratusan warga dari dua perguruan silat dari siang hingga malam Rabu (04/11/2021) kemarin mengadakan konvoi di jalanan wilayah Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

Menurut salah satu tokoh perguruan silat, mereka menuntut keadilan agar terduga pelaku pengeroyokan di dua tempat berbeda, yakni di Tanggunggunung dan Boyolangu, diusut.

Baca Juga : Harga Minyak Goreng Terus Naik, Pemerintah Akan Hentikan Ekspor CPO, Ini Penyebabnya

Para pendekar ini meminta agar aparat penegak hukum menangkap dan memproses hukum siapa saja pelaku pengeroyokan.

Setelah dilakukan pendekatan persuasif, peserta aksi ini membubarkan diri saat petang memasuki malam. Namun, perguruan lain tampaknya juga tak mau ketinggalan. Para pendekar yang datang pada malam hari ini, juga berkonvoi di lokasi yang sama.

Menurut keterangan salah satu tokohnya, kedatangan mereka bukan tanpa alasan. Mereka juga meminta pihak aparat penegak hukum mencari pelaku penganiayaan yang terjadi siang harinya.

Dari anggota perguruan ini, rupanya ada yang menjadi korban pengeroyokan akibat melindungi mobil yang dirusak.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto saat dikonfirmasi menegaskan pihaknya akan menindak tegas dan memproses hukum siapa pun yang terlibat pidana. "Yang terlibat pidana kami proses hukum," tegas AKBP Handono Subiakto, Kamis (04/11/2021).

Atas kejadian di Bandung, kapolres meminta agar masyarakat tidak terpancing dan tetap menjaga ketertiban dan ketentramam. Langkah yang diambil kepolisian, melakukan koordinasi ke para tokoh perguruan agar sama-sama menjaga situasi agar Tulungagung tetap aman dan kondusif.

Baca Juga : Remaja 16 Tahun Diperkosa Bergantian, Pelakunya Ayah dan Anak

"Kami sudah koordinasi dengan tokoh perguruan silat untuk sama-sama menjaga kondusivitas Kabupaten Tulungagung," ungkapnya.

Meski sama-sama turun jalan, dua perguruan silat tidak saling berhadapan dan waktu yang berbeda. 

Kondisi yang terjadi berangsur pulih kembali. Hiingga Kamis 04 November 2021 siang, wilayah Kecamatan Bandung terlihat normal kembali.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy