Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Letjen Dudung Abdurachman Didukung Gantikan Jenderal Andika Perkasa

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

04 - Nov - 2021, 09:42

Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman (Foto: Kompas.com)
Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman (Foto: Kompas.com)

JATIMTIMES - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi calon tunggal panglima TNI. Andika dipilih Jokowi untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.

Jika Andika dilantik menjadi panglima TNI, siapa yang akan menjadi KSAD selanjutnya? Nama Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman menguat mengisi jabatan KSAD tersebut. 

Baca Juga : Pantau Pencarian Korban Perahu Terbalik di Bengawan Solo, Mas Lindra Berharap Jembatan KARE Cepat Dibangun

Sebelum membahas nama Dudung, anggota Komisi I dari Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mendukung keputusan Presiden Jokowi memilih Andika Perkasa menjadi panglima TNI. Bobby menilai banyak terobosan yang dibuat Andika  selama menjabat sebagai KSAD.

"Cocok, pengalaman menjadi kepala staf paling lama dari 2018, banyak terobosan dalam hal penegakan disiplin prajurit. Pengalaman paling lengkap bukan hanya di satuan elite, komandan lapangan sampai Paspampres, intelijen di Bais TNI tapi juga sempat di Departemen Pertahanan tahun 2001. Selamat dan sukses agar bisa segera bertugas dengan amanah," kata Bobby.

Kemudian, terkait posisi KSAD, Bobby mendukung Letjen Dudung Abdurachman menggantikan posisi Andika Perkasa. Dudung adalah jenderal bintang 3 yang pernah menjadi pangdam Jaya.

"Pak Dudung pangkostrad paling populer untuk menggantikan KSAD tanpa mengesampingkan para jenderal bintang tiga lainnya," ucap Bobby. 

Senada dengan Bobby, anggota Komisi I dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha mendukung penuh keputusan Jokowi yang memilih Andika jadi panglima TNI. Sebab, menurut Tamliha, Andika yang paling senior dibandingkan kepala staf lainnya.

"Keputusan mencalonkan Jenderal Andika Perkasa itu kebijakan yang sangat bijak karena tidak mungkin Angkatan Laut yang lebih junior dari Pak Andika kemudian menduduki jabatan panglima TNI," kata Tamliha.

Tamliha pun meyakini posisi KSAD akan diisi oleh Dudung Abdurachman. Nama Dudung memang sudah melekat di telinga publik, apa lagi semenjak kiprahnya mencopot baliho Habib Rizieq di Jakarta.

"Tentu jabatan KSAD kan akan kosong. Saya prediksi Pak Dudung yang akan jadi KSAD gantikan Andika," ucap Tamliha. 

Baca Juga : Berhasil Pailitkan PT Kertas Leces, Paguyuban Karyawan Gelar Syukuran Undang Ketua PWNU Jatim

Jauh sebelum Bobby dan Tamliha, anggota Komisi I DPR dari PDIP Effendi Simbolon mengatakan Jenderal Andika akan menjadi panglima TNI dan posisi KSAD disebutnya akan diisi Letjen Dudung Abdurachman.

"Insya Allah....semua akan terjadi dalam waktu dekat. Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi panglima TNI," kata Effendi. 

Selain Dudung, saat ini ada sejumlah nama yang mengisi pos jabatan jenderal bintang 3 di TNI AD. KSAD pengganti Andika ada kemungkinan berasal dari nama-nama jenderal bintang 3 tersebut. 

Berikut daftar lengkap jenderal bintang 3 dilansir dari situs TNI AD:

1. Wakil KSAD Letjen TNI Bakti Agus Fadjari
2. Irjenad Letjen TNI Benny Susianto
3. Koorsahli KSAD Letjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi
4. Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman
5. Danpusterad Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko
6. Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo
7. Ka RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr Albertus Budi Sulistya
8. Dankodiklat Letjen TNI AM. Putranto
9. Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman
10. Kasum TNI Letjen Eko Margiyono
11. Kepala BAIS TNI Letjen TNI Joni Supriyanto
12. Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy