Santoso Optimis Kota Blitar Terhindar dari Gelombang Ketiga Covid-19 | Tulungagung TIMES

Santoso Optimis Kota Blitar Terhindar dari Gelombang Ketiga Covid-19

Nov 03, 2021 15:45
Wali Kota Blitar Santoso.(Foto : Team JATIMTIMES)
Wali Kota Blitar Santoso.(Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Blitar Santoso optimis Kota Blitar akan terhindar dari gelombang ketiga Covid-19. Dia juga optimis Kota Blitar mempertahankan status PPKM Level 1 pemberlakuan new normal.

Ya, gelombang ketiga Covid-19 diprediksi akan terjadi meski saat ini kasus telah melandai. Gelombang ketiga yang diprediksi terjadi di seputar libur panjang Natal dan Tahun Baru 2022. Diprediksi aktivitas masyarakat akan meningkat saat memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Baca Juga : Nota Keuangan Rancangan APBD TA 2022 & Rapenda Usulan Eksekutif, 5 Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum

“Saya optimis Kota Blitar akan terhindar dari gelombang ketiga Covid-19. Ddalam hal ini kunci utamanya adalah disiplin. Kami yakin dan optimis karena saat ini sudah banyak warga yang mengetahui dan memahami soal protokol kesehatan,” kata Santoso, Rabu (3/11/2021).

Santoso menambahkan, meski kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan prokes cukup tinggi, tapi tidak sdikit pula warga yang tidak disiplin dan menganggap remeh protokol kesehatan. Padahal pelaksanaan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan hingga menghindari kerumunan mampu membentengi diri dari paparan Covid-19.

“Nah, disinilah kita harus waspada. Karena banyak orang berlibur dan sebagainya itu kalau kita tidak waspada akan terjadi gelombang yang ketiga. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka protokol kesehatan harus terus kita sosialisasikan agar masyarakat tidak kendor,” tegasnya.

Lebih dalam orang nomor satu di Kota Blitar menyampaikan, selain meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan, Pemkot Blitar juga terus melakukan upaya mempertahankan status level 1. Diantaranya  terus melakukan percepatan vaksinasi meskipun cakupan vaksinasi Kota Blitar sudah melampaui target yang ditetapkan Satgas Covid-19.

Cakupan vaksinasi Covid-19 Kota Blitar telah mencapai 109,01 persen untuk dosis pertama dan 79,88 persen untuk dosis kedua dari total sasaran sebanyak 115.850 orang. Sementara vaksinasi kelompok lanjut usia telah menjangkau 73,68 persen untuk dosis pertama dan 55,09 persen untuk dosis kedua.

Baca Juga : Polisi Pastikan Kasus Pelemparan Sabu ke Lapas Blitar Terus Berlanjut

Selain itu lanjut Santoso, Pemkot Blitar juga terus mengefektifkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di seluruh perkantoran dan lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi orang.

“Alhamdulilah hingga saat ini Kota Blitar masih tetap bertahan di level 1. Berbagai upaya terus kami lakukan untuk bertahan di level 1 ini," pungkasnya.

Topik
Walikota Blitar gelombang ketiga covid 19

Berita Lainnya