Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Vaksin Lansia Desa Sumberagung, Habis Suntik Dapat 5 Kg Beras

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

30 - Oct - 2021, 19:43

Secara simbolis Muspika dan Pemdes Sumberagung berikan bansos beras 5 Kilogram bagi lansia peserta vaksinasi Covid-19 / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Secara simbolis Muspika dan Pemdes Sumberagung berikan bansos beras 5 Kilogram bagi lansia peserta vaksinasi Covid-19 / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Rendahnya minat lansia untuk ikut vaksinasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung membuat pemerintah desa melakukan gerakan bantuan sosial (bansos). Yakni, dengan memberikan bantuan beras 5 kilogram ke lansia yang belum vaksin. Gerakan bantuan beras tersebut terbukti ampuh menarik minat. Tercatat, 100 dosis yang disiapkan nyaris mencapai target.

Kepala Desa Sumberagung Judianan Junjung Nugroho mengatakan, pemberian bantuan beras merupakan inisiasi Muspika bersama Pemdes dalam pemenuhan program vaksinasi bagi lansia.

Baca Juga : Covid-19 Melandai, Pilkades Siap Digelar 5 Desember 2021

"Harapan kami, vaksinasi hari ini agar warga masyarakat lanjut usia yang tervaksin bisa tercapai 40 persen," kata Junjung, Sabtu (30/10/2021). 

Diterangkan Junjung, sesuai ketentuan pemerintah untuk menurunkan PPKM level 3 ke level 2, capaian target 40 persen lansia harus dicapai setiap desa. 

"Selain bisa menurunkan PPKM dari level 3 menjadi level 2, agar warga lansia bisa terjaga kekebalan tubuhnya. Karena usia yang sudah tua dan rentan terkena Covid-19," ujarnya.

Dari undangan 100 lansia, hadir 87 orang dan mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin jenis Sinovac sebanyak 81 orang.

Kegiatan vaksinasi ini mengambil tema Peduli Sosial dan Vaksinasi Lansia yang didukung oleh Muspika Kecamatan Rejotangan dan Pemerintah Desa Sumberagung. Tampak hadir, Camat Rejotangan Didi Jarot Widodo Nursamsu AP, Kapolsek AKP Heri Poerwanto dan Danramil Letda Infantri Gatot Supriyadi. 

Camat Rejotangan Didi Jarot Widodo mengapresiasi kegiatan vaksinasi di Desa Sumberagung ini. Ia menerangkan, kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19 merupakan sebuah bentuk kepedulian terhadap kondisi pendemi agar segera berakhir. 

Baca Juga : DPRD Jatim Fraksi Golkar Freddy Poernomo, Janji Sinergikan Progam One Village One Product di Tuban

"Kita apresiasi. Ini bentuk kebersamaan kita di mana kegiatan vaksinasi di Desa Sumberagung ini kita harapkan agar mencapai target minimal 40 persen lansia yang harus mendapat suntikan vaksin," ucap Jarot. 

Jika target jumlah vaksin terpenuhi, selain akan terbentuk herd immunity dan level PPKM menuju level 2, kegiatan masyarakat akan semakin dilonggarkan. "Dengan begitu, pemulihan ekonomi akan lebih cepat dan pandemi kita harap akan segera berakhir," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, secara simbolis Didi Jarot bersama anggota Muspika Rejotangan memberikan bantuan sosial beras untuk masyarakat peserta vaksin yang disiapkan pihak Pemdes Sumberagung. 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana