Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Apa Makna Ndomblong di Lagu Kucingku Telu, Ini Jawaban Remaja Zaman Now di Tulungagung

Penulis : Anang Basso - Editor : A Yahya

23 - Oct - 2021, 20:29

Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

JATIMTIMES - Anak-anak di Jawa Timur, khususnya di Tulungagung masih banyak yang menyanyikan tembang jawa. Salah satu tembang yang populer hingga saat ini adalah "Kucingku Telu".

Lirik tembang ini sebagai berikut,

Baca Juga : Pemuda Nekat Gantung Diri setelah Diteror Pinjol

Kucingku telu
kabeh lemu - lemu
sing siji abang
sing loro klawu
meong, meong
tak pakani lontong
adhiku seneng
kancaku ndhomblong

Beberapa kosakata bahasa Jawa mungkin masih terdengar asing dan membuat anak zaman now bingung untuk mengetahui arti atau makna dari sebuah kalimat secara utuh.

"Ndomblong itu artinya diam," kata Ana, saat media ini menanyakan makna terakhir dalam lagu ini.

Pertanyaan yang sama, dijawab oleh temannya yang bernama Yuli, ia mengatakan arti ndomblong itu diam sambil memandang kecewa.

"Istilahnya ndomblong itu meneng (diam) terus nyawang (memandang) lalu anyel (kecewa)," ujarnya sambil tertawa lepas, Sabtu (23/10/2021).

Buru-buru sekelompok anak muda yang masih usia SMA ini mengambil gawai dan dengan cekatan melakukan pencarian di Google.

Baca Juga : PDIP dan Partai Demokrat Kembali Saling Sindir, Rapat Era Pemerintahan SBY Jadi Pemicu

Bisa ditebak, mereka seperti di komando langsung berteriak begitu arti ndomblong ketemu.

"Terkesima," teriak mereka girang.

Jika ditelusuri, jawaban mereka kurang tepat sebelumnya. Namun, setelah melihat di mesin pencarian, kata ndomblong ini memang benar berarti terkesima.

Sebagai referensi, dalam penggunaanya bahasa Jawa dibagi ke dalam 3 tingkatan penggunaan, yakni bahasa jawa ngoko (kasar), bahasa jawa krama alus (halus/sopan), dan bahasa jawa krama inggil (bahasa jawa yang lebih halus/sopan).


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

A Yahya