Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kekuatan Gempa Malang Berubah, Ini Penjelasan BMKG

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

22 - Oct - 2021, 13:08

Titik gempa bumi yang terjadi Jumat (22/10/2021). (foto: BMKG)
Titik gempa bumi yang terjadi Jumat (22/10/2021). (foto: BMKG)

JATIMTIMES - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Stasiun Karangkates, Kabupaten Malang, menyebut gempa Malang yang terjadi Jumat (22/10/2021) dengan kekuatan 5.3 magnitudo terasa juga di berbagai kota di Jawa Timur.

“Gempa bumi ini dirasakan cukup luas. Yang paling kuat di Kabupaten Blitar dengan kekuatan skala MMI 3-4 MMI. Dan dirasakan juga di Ponorogo, Kota Malang, Pasuruan, Pacitan, Lumajang, Jember dan Trenggalek dengan kekuatan 2-3 MMI,” terang Kepala BMKG Stasiun Karangkates  Mamuri.

Baca Juga : Kodim 0817 Gresik Salurkan Bantuan Tunai ke 374 Pedagang 

Mulanya, gempa bumi tersebut memang disebut BMKG berkekuatan 5.3 magnitudo. Namun beberapa saat kemudian, kekuatan gempa di-update BMKG menjadi 5.1 magnitudo.

“Ya terjadi gempa bumi pada pagi tadi, tepatnya jam 9.21 WIB dengan kekuatan 5.3 magnitudo, kemudian di-update oleh BMKG menjadi 5.1 magnitudo,” kata Mamuri.

Gempa bumi ini  berpusat di 8,81 lintas selatan, 112,49 bujur timur. Atau tepatnya 75 km selatan Kepanjen, Kabupaten Malang. “Kedalaman gempa bumi ini sendiri 98 km dan tidak berpotensi tsunami,” ucap Mamuri.

Gempa bumi ini terjadi karena adanya aktivitas subduksi, yaitu lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

Baca Juga : Logo HSN 2021 Karya Santri Langitan Tuban

Karena peristiwa itu, Mamuri meminta kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca dan kondisi alam. Sebab, menurut BMKG, hingga saat ini gempa bumi belum dapat diprediksi.

“Sekali lagi imbauan buat masyarakat bahwa kita tinggal di daerah rawan gempa bumi. Dan sampai sekarang gempa bumi belum bisa diprediksi. Jadi, apabila ada informasi atau isu-isu yang tidak bertanggung jawab, bisa konfirmasi ke kami di BMKG Kabupaten Malang,” tandas Mamuri.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy