Sederet Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit, Apa Saja? | Tulungagung TIMES

Sederet Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit, Apa Saja?

Oct 17, 2021 09:16
Foto: Ilustrasi madu (rvbox/Thinkstock)
Foto: Ilustrasi madu (rvbox/Thinkstock)

JATIMTIMES - Mendengar madu, tentu yang terbesit di benak kalian adalah rasa yang manis dan lengket. Si kental ini cukup digemari masyarakat karena memiliki segudang khasiat untuk tubuh.

Mulai dari menambah imunitas tubuh, menyembuhkan luka, sebagai antioksidan, hingga bermanfaat untuk perawatan kulit. Di tengah gencarnya produk-produk skincare saat ini, madu bisa menjadi pilihan alami untuk menutrisi kulitmu.

Dilansir dari berbagai sumber, ini sederet manfaat madu khas alami untuk perawatan kulit. Apa saja?

1. Menghilangkan jerawat

Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit wajah sebagian besar masyarakat nih. Bagi kalian yang sering gundah gulana dengan jerawat, cobalah untuk menggunakan madu. Caranya, dengan dibuat sebagai obat berbentuk pasta.

Atau paling mudah, biasanya, madu hanya akan dioleskan sebagai masker ke wajah, lalu tunggu selama beberapa menit sebelum dibilas.

Dikutip dari Healthline, hal terpenting dalam menggunakan madu untuk mengobati jerawat adalah madu yang tidak dipasteurisasi. Madu dengan bakteri baik bisa membantu mengaktifkan sistem kekebalan, membantu peradangan dan kemerahan, bahkan bisa juga menyembuhkan flek hitam.

2. Mencerahkan kulit

Hal lain manfaat dari madu, yakni untuk mencerahkan kulit. Persoalan kulit kusam karena aktivitas sehari-hari bisa diatasi dengan madu.

Meski, penelitian khusus belum menemukan khasiat apa dari madu untuk hal ini, madu memang memiliki sifat sebagai pengelupasan yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam.

Setelah mencuci wajah dengan sabun dan air, cukup oleskan madu mentah ke wajah. Atau, bisa juga dengan mengencerkan madu terlebih dahulu dengan air agar tidak terlalu lengket. Biarkan madu selama beberapa menit sebelum dibilas.

3. Memudarkan luka bekas jerawat

Selain menyembuhkan jerawat, madu ternyata bisa menyembuhkan bekas luka, terutama luka bekas jerawat. Penggunaannya, bisa secara langsung dioleskan pada spot bekas luka. Agar hasil lebih maksimal, gunakan madu sebagai masker dalam rutinitas pemakaian skincare kalian.

4. Anti-penuaan Dini

Salah satu yang tengah dicari dalam memilih perawatan skincare, yakni untuk mencegah penuaan dini. Nah, madu memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi perkembangan bakteri jerawat dan bisa memperbaiki penampilan kulit lho.

Madu bisa membantu menghentikan pembentukan kerutan, menjaga kulit tetap muda, dan mencegah infeksi yang bisa mempercepat proses penuaan.


5. Pengobatan kanker kulit

Dilansir dari berbagai sumber, sebuah studi menunjukkan adanya hasil positif menggunakan madu pada sel kanker. Dimana, madu bisa menghambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker dalam tubuh.

Medical News Today menyebutkan, studi terbaru dari madu yang memiliki efek antiproliferatif, antikanker, dan antimetastasis. Namun, alangkah baiknya tetap berkonsultasi ke dokter sebelum mengoleskan madu.

Topik
manfaat madu tips kecantikan manfaat madu untuk kulit perawatan kulit skincare wajah

Berita Lainnya