Berada di Jalur Lintas Selatan, Sandiaga Nilai Desa Wisata Serang Punya Potensi Maju Pesat | Tulungagung TIMES

Berada di Jalur Lintas Selatan, Sandiaga Nilai Desa Wisata Serang Punya Potensi Maju Pesat

Oct 16, 2021 19:22
Sandiaga Uno berkunjung ke Pantai Serang di Kab Blitar.(Foto : Malik Naharul/JATIMTIMES)
Sandiaga Uno berkunjung ke Pantai Serang di Kab Blitar.(Foto : Malik Naharul/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) berkunjung ke Pantai Serang, Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Sabtu (16/10/2021).

Kunjungan Sandiaga ke Pantai Serang bagian dari kegiatan Visitasi 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia Bangkit (ADWI) 2021. Desa Wisata Serang masuk 50 besar ADWI 2021.

Baca Juga : Muncul 2 Nama Kiai, Gus Miftah: Ketum PBNU Harusnya Dicalonkan Bukan Mencalonkan

"Ini adalah prestasi 50 Besar desa wisata terbaik Indonesia. Di Jawa Timur ini adalah Desa Wisata terakhir yang saya kunjungi. Jawa Timur merupakan provinsi terbanyak yang masuk 50 Besar ADWI 2021," ucap Sandiaga. 

Dalam kunjungannya, Sandiaga didampingi Bupati Blitar Rini Syarifah dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Blitar berkeliling melihat pusat suvenir di Pantai Serang.

Dalam kesempatan tersebut Sandiaga melihat kesiapan tempat wisata dan homestay terhadap adaptasi protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi. Dia juga mengingatkan para pengelola wisata agar menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di masa transisi dari pandemi ke endemi.

"Saat ini kita dalam masa transisi dari pandemi ke endemi. Sekarang mata dunia sedang melihat Kota Blitar karena ini adalah uji coba level 1 transisi dari pandemi menuju endemi. Jadi Kabupaten Blitar mempunyai tanggung jawab khusus karena wilayahnya mengelilingi Kota Blitar," imbuhnya.

Untuk mendukung keberlangsungan pariwisata berbasis masyarakat seperti halnya Desa Wisata Serang, Sandiaga menekankan protokol kesehatan harus diperketat agar pariwisata bergerak kembali sehingga ekonomi pulih dan lapangan kerja semakin terbuka.

"Para pelaku wisata tidak memperoleh omzet karena pariwisata tidak bisa buka selama pandemi dan ini akan dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan. Secara keseluruhan Alhamdulillah ada peningkatan dari penerapan protokol kesehatan dan ada yang harus kami dorong agar lebih baik lagi," tukas Sandiaga.

Baca Juga : Sumbang 37 Medali di PON XX Papua, Bupati Malang Rencana Sambut Kedatangan 45 Atlet

Lebih lanjut Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf akan terus berkoordinasi terus dengan lintas kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah serta masyarakat setempat termasuk pengelola destinasi wisata dan ekonomi kreatif agar menyiapkan sarana prasarana di masa transisi dari pandemi ke endemi.

"Masa depan Pantai Serang bagus karena dilewati Jalur Lintas Selatan. Kami berharap segera disiapkan SDM-nya untuk menyambut Jalur Lintas Selatan," tuntasnya.

Dalam kunjungannya di Desa Wisata Serang, Sandiaga menyempatkan diri untuk menginap di salah satu homestay Desa Wisata Serang. Lalu mengawali kegiatan dengan lari pagi dari homestay menuju ke Pantai Serang dan berkunjung ke Goa Kedungkrombrang.

Kunjungan Sandiaga ditutup dengan kegiatan konservasi pelepasan tukik, serta penandatanganan prasasti 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 di Pantai Serang.

Topik
anugerah desa wisata indonesia Menparekraf Sandiaga Uno Pantai Serang Blitar

Berita Lainnya