Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

UIN Maliki Malang Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Ada 3 Rekomendasi

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

11 - Oct - 2021, 16:14

Kepala BAK UIN Maliki Malang Imam Ahmad (kiri) dan Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainuddin MA. (Ist)
Kepala BAK UIN Maliki Malang Imam Ahmad (kiri) dan Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainuddin MA. (Ist)

JATIMTIMES - Pasca-pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) maupun melalui jalur mandiri, Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Pusat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melakukan evaluasi.

Kepala BAK UIN Maliki Malang Imam Ahmad menjelaskan, hasil evaluasi bersama para pimpinan, ke depan terdapat beberapa hal yang akan lebih dikembangkan. Pengembangan itu belajar dari kekurangan dan kelemahan selama ini.

Baca Juga : OSS-RBA Diberlakukan, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Catat 68 Pengaduan Online

 

"PMB kita kan dinamis. Dari tahun ke tahun tidak ada yang sama untuk jalur mandiri. Inovasi PMB terus kita munculkan sehingga kekurangan dan kelebihan bisa kita data," ungkapnya.

1

Ketika nantinya dalam program-program inovasi dalam PMB  memberikan output yang bagus daripada waktu-waktu sebelumnya, tentu hal tersebut akan dipertahankan dan semakin digencarkan.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA mengatakan, agenda evaluasi tentunya harus tetap diadakan setiap tahun. Hal ini tentunya untuk upaya pengembangan dan memajukan lembaga maupun sebagai upaya meningkatkan kualitas  lulusan yang dihasilkan.

"Evaluasi seperti ini sangatlah penting dan memang dibutuhkan masukan ataupun saran dari pimpinan dan pihak terkait lainnya. Ini demi perbaikan, mulai dari sistem, mekanisme dan inovasi yang dibutuhkan saat PMB berikutnya," ucap Zainuddin.

Baca Juga : Dinkes Tuban Masih Rawat dan Pantau 21 Pasien Covid-19

 

Sementara itu, dari hasil rapat evaluasi yang digelar di hall atas Whiz Capsule Hotel Grand Bromo, Probolinggo, tersebut, diperoleh tiga rekomendasi yang nantinya harus ditindaklanjuti BAK Pusat. Tiga rekomendasi tersebut, pertama adalah  tersusunnya prosedur atau pedoman operasional baku (POB) penerimaan mahasiswa jalur mandiri baik dari jenjang sarjana(S-1), magister (S-2), dan doktor(S-3) di UIN Maliki Malang.

Kemudian yang kedua adalah pemanfaatan dan dukungan teknologi informasi secara penuh baik dalam program sosialisasi dan proses pelaksanaan PMB. Dan yang ketiga, menciptakan relasi dan kerja sama yang harmoni untuk bersinergi dalam sosialisasi universitas, baik dari intra maupun ekstra kampus UIN Maliki Malang.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy