Jatim Times Network Logo
28/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Di Tulungagung, Daun Waung Biasa Digunakan sebagai Sayur Namun Ternyata Banyak Khasiatnya

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Oct - 2021, 08:30

Daun Waung yang banyak tumbuh di pekarangan (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Daun Waung yang banyak tumbuh di pekarangan (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Belum banyak bukti ilmiah, namun daun yang bernama waung ini dikenal banyak manfaatnya. Khasiat daun waung sendiri bagi masyarakat di Tulungagung juga dipercaya sebagai obat batuk yang alami dan ampuh.

"Saya membuktikan, sudah batuk beberapa minggu lamanya dan berganti obat beberapa kali tidak sembuh. Begitu saya rebuskan daun waung, berangsur hilang batuk yang saya derita," kata Zaenal, warga di Sumbergempol, Sabtu (09/10/2021).

Baca Juga : Pertama di Tulungagung, SMKN 1 Rejotangan Berkomitmen sebagai Sekolah Anti Bullying

Daun yang juga enak dibothok atau disayur pedas ini biasanya tumbuh dan menjadi pagar hidup di pekarangan. Pohon waung sendiri termasuk pohon tahun yang dapat menjulang hingga beberapa meter.

"Menanamnya juga mudah, cukup dipotong dan saat hujan ditancapkan saja di tanah," ujarnya.

Meski tidak banyak referensi ilmiah, daun waung ini ternyata banyak ditemui di situs penjualan online.

Daun waung juga dikenal dengan singkil atau buas-buas yang dipercaya bermanfaat untuk memperlancar air susu ibu dan mengobati keluhan encok. 

Baca Juga : Tertangkap Polisi Tulungagung, Pria Asal Pasuruan Ini Membawa Sejumlah Sabu dan Ribuan Pil Dobel L

Tidak ada cara khusus yang di rekomendasikan pencari khasiat alami ini. Bahkan, daun waung sendiri sering digunakan sebagai sayur dan campuran terancam dan dimakan langsung dengan nasi. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni