7 Khasiat Dahsyat Rebusan Air Daun Sirsak Dicampur Madu, Bisa Obati Berbagai Penyakit Kronis | Tulungagung TIMES

7 Khasiat Dahsyat Rebusan Air Daun Sirsak Dicampur Madu, Bisa Obati Berbagai Penyakit Kronis

Oct 08, 2021 08:52
Sirsak (Foto: Steemit)
Sirsak (Foto: Steemit)

JATIMTIMES - Pernahkah kalian mencoba rebusan air daun sirsak? Selama ini diketahui, kebanyakan kita hanya mengonsumsi buah sirsak saja dan mengabaikan daunnya.

Namun siapa sangka, daun yang kerap diabaikan itu ternyata mengandung manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Daun sirsak diketahui mengandung beberapa zat, seperti acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat.

Baca Juga : Vaksinasi Ibu Hamil di Kota Malang Masih Rendah, Pemkot Malang Perkuat Edukasi

 

Oleh sebab itu, rebusan air daun sirsak diklaim ampuh sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan antimikroba. Cara membuat air rebusan daun sirsak tentu sangatlah mudah. 

Yakni dengan menyiapkan 9 helai daun sirsak segar, lalu cuci hingga bersih. Kemudian, peras daun sirsak agar zat yang terkandung dalam daun ini bisa keluar dan menyatu dengan air. Rebus gerusan daun sirsak dalam air sebanyak sekitar 1 liter hingga mendidih. 

Kemudian angkat dan diamkan sebentar. Ambil 1 gelas air rebusan daun sirsak campur dengan madu secukupnya. Air rebusan daun sirsak pun siap dikonsumsi.

Air rebusan daun sirsak yang dicampur madu ini dapat diminum rutin setiap hari selama 1 minggu. Setelah itu, bisa kondisional sesuai kebutuhan.

Berikut 7 khasiat dahsyat dari rebusan air daun sirsak yang diklaim bisa obati berbagai penyakit kronis:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Daun sirsak sangat kaya antioksidan. Hal itu membuat daun sirsak sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

2. Menurunkan kadar kolesterol 

Selain menghindari makanan berlemak untuk menurunkan kadar kolesterol, juga diperlukan mengonsumsi minuman herbal. Salah satu minuman herbal yang sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol yaitu teh daun sirsak. 

3. Mengatasi darah tinggi

Rebusan air daun sirsak ini juga ampun mengatasi darah tinggi. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki riwayat darah tinggi. 

4. Obat asam urat 

Selain menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi darah tinggi, bagi yang memiliki riwayat asam urat cocok minum rebusan air daun sirsak ini.

Minumlah teh daun sirsak setiap pagi untuk menyembuhkan asam urat yang menyiksa. 

5. Obat sakit pinggang 

Baca Juga : Pemkab Banyuwangi Usulkan 150 Titik untuk Screening Peduli Lindungi

 

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yakni adanya radang pada persendian. Untuk itu perlu menyeduh rebusan air daun sirsak dan meminumnya di saat masih hangat.

6. Obat diabetes 

Rebusan air daun sirsak bahkan bisa untuk mencegah hingga mengobati diabetes secara alami dan mudah. Caranya yaitu dengan menyeduh teh daun sirsak secara teratur. Minumlah setiap pagi dan sebelum tidur. 

7. Sebagai perawatan kulit 

Jika ingin menghilangkan kerutan, garis halus dan tanda penuaan lainnya secara efektif, sertakan daun sirsak dalam rutinitas perawatan kulit harian.

Diketahui, daun sirsak mengandung antioksidan yang berperan besar dalam membunuh radikal bebas yang bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan tersebut. 

Ambil beberapa lembar daun sirsak yang sudah direbus dan tambahkan lidah buaya ke dalamnya. Kemudian tambahkan satu tetes minyak esensial lavender dan pijat kulit dengan masker tersebut.

Pijat dengan gerakan memutar selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin.

Topik
Obat Herbal minuman herbal daun sirsak manfaat daun sirsak

Berita Lainnya