Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Keren, 3 Mahasiswa Prodi Akuntansi UIN Malang Sabet Juara 1 Olimpiade Akuntansi Nasional

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

07 - Oct - 2021, 16:59

Tiga mahasiswa dari Prodi Akuntansi, yakni Rifqi Rizaldi, Achmad Nur Huda, dan Nafachatus Shachariyah berhasil memenangkan Juara 1 pada ajang Kompetisi Olimpiade Akuntansi Nasonal (KOAN) 2021 (Ist)
Tiga mahasiswa dari Prodi Akuntansi, yakni Rifqi Rizaldi, Achmad Nur Huda, dan Nafachatus Shachariyah berhasil memenangkan Juara 1 pada ajang Kompetisi Olimpiade Akuntansi Nasonal (KOAN) 2021 (Ist)

JATIMTIMES - Tim Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, mengharumkan kampus dengan sebutan Ulul Albab tersebut. Tim yang beranggotakan tiga mahasiswa dari Prodi Akuntansi, yakni Rifqi Rizaldi, Achmad Nur Huda, dan Nafachatus Shachariyah berhasil memenangkan Juara 1 pada ajang Kompetisi Olimpiade Akuntansi Nasional (KOAN) 2021. 

KOAN berlangsung pada tanggal 25 September hingga 5 Oktober 2021 dan dilakukan secara daring diikuti oleh lebih dari 60 tim dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. 

Baca Juga : WNA di Kota Malang Dapat Suntikan Vaksin Covid-19

 

Ajang kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI) wilayah Riau yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kompetitif, inovatif, dan prestatif mahasiswa Jurusan Akuntansi yang ada di seluruh Indonesia. 

Perwakilan tim, Rifqi Rizaldi menjelaskan, pada bidang lomba Olimpiade Akuntansi memiliki beberapa tahapan, yaitu tahap penyisihan online yang dilaksanakan pada 25 September 2021, tahap siklus akuntansi pada 27 September 2021, serta babak cerdas cermat dan presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2021.

"Kami mengikuti ajang perlombaan itu atas rekomendasi dari dosen kami. Alhamdulillah kami masih diberi kepercayaan untuk mewakili UIN Maulana Malik Ibrahim dalam kompetisi itu," jelas Rifqi.

Dalam ajang tersebut, tidaklah dilalui dengan mudah. Banyak tantangan yang harus dilalui oleh tim UIN Maliki Malang, baik sebelum olimpiade dimulai, atau pun saat dimulainya olimpiade. Salah satu tantangan tersebut adalah, teman-teman dalam satu tim merupakan mahasiswa yang aktif dalam mengikuti perkuliahan. Karena itu, membutuhkan usaha untuk bisa membagi waktu.

Bukan hanya itu saja, sebagian dari anggota tim juga merupakan anggota aktif organisasi, bahkan ada juga sembari bekerja paruh waktu. "Tantangan yang sangat sulit adalah membagi waktu untuk mempelajari dan review materi untuk persiapan lomba. Dan karena lomba dilaksanakan secara daring sinyal menjadi hal penting pula yang harus kami persiapkan," tuturnya.

Baca Juga : Pengacara Ngaku Mengundurkan Diri di Tengah Kasus Dugaan Seks Menyimpang, Ayah Taqy Malik Membantah

 

Dijelaskannya, jika para peserta yang mengikuti olimpiade tersebut, berasal dari perguruan tinggi seluruh Indonesia. Sehingga, tak dipungkiri, terdapat perguruan tinggi lainnya yang menjadi saingan berat dari UIN Maliki Malang. Akan tetapi, berbekal sejumlah pengalaman dan persiapan yang dilakukan, hal tersebut tak membuat tim dari UIN Maliki Malang pesimis.

"Pesertanya dari berbagai universitas di Indonesia. Lawan tersulit menurut kami adalah dari Trisakti School of Management.  Mereka terlihat sangat percaya diri," ungkap Rifqi.

Pihaknya berharap, kedepan KOAN periode selanjutnya lebih sukses dan lebih banyak peserta yang mengikuti. Selain itu, pihaknya juga berharap UIN Malang bisa terus mengeluarkan perwakilan untuk mengikuti KOAN tiap tahunnya, sehingga posisi piala bergilir tidak berpindah tempat.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya