Tak Perlu Antre, Masyarakat Tulungagung Bisa Urus Adminduk secara Online dengan Aplikasi Pandu Cakti | Tulungagung TIMES

Tak Perlu Antre, Masyarakat Tulungagung Bisa Urus Adminduk secara Online dengan Aplikasi Pandu Cakti

Oct 07, 2021 13:20
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyaksikan penandatanganan naskah perjanjian bersama. Kamis, 7/10/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menyaksikan penandatanganan naskah perjanjian bersama. Kamis, 7/10/2021. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Kabar gembira bagi masyarakat Tulungwgung. Kini, untuk mendapat pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Tulungagung semakin dipermudah.

Masyarakat Tulungagung saat ini  tidak harus antre dan menunggu lama karena pelayanan adminduk sudah bisa diakses lewat online atau aplikasi.

Baca Juga : Matrix Broadband Berani Ganti Rp 100 Ribu ke Pelanggan bila Jaringan Internet Ngadat

Inovasi pelayanan adminduk secara online dengan brand klinik adminduk berbasis aplikasi "Pandu Cakti" telah di-launching oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo hari ini, Kamis (7/10/2021) di Pendapa Kongas Arum Kusumaningbangsa.

Menurut bupati, adminduk merupakan suatu kebutuhan pokok. Pasalnya, semua kegiatan masyarakat, mulai dari bekerja, berobat, dan akses perbankan, tidak lepas dari kebutuhan administrasi kependudukan.  Salah satunya adalah KTP atau KK (kartu keluarga). Bahkan untuk kebutuhan anak sekolah,  juga dimintai persyaratan adminduk dari orang tuanya.

"Ini salah satu bukti bahwa keberadaan adminduk melalui ID atau NIK adalah suatu yang penting," kata Bupati Maryoto saat launching aplikasi Pandu Cakti. Kamis (7/10/2021).

Karena penting dan kompleksnya kebutuhan adminduk, lanjut Maryoto, Dispendukcapil Tulungagung mempunyai peran penting dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Untuk itu, inovasi dengan memadukan kemajuan teknologi sangat diperlukan untuk mempermudah pelayanan.

Inovasi yang dilakukan Dispendukcapil, termasuk penggunaan IT dan sistem pembagian wilayah pelayanan, terbukti bisa mengurai kepadatan antrean masyarakat dan goal-nya masyarakat bisa terlayani dengan baik. "Ini merupakan suatu langkah maju yang tentunya sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan," ucapnya.

Dijelaskan, di era global telah berkembang pesat internet dan teknologi yang banyak mengubah dimensi kehidupan manusia serta pertumbuhan generasi milenial yang juga mengubah cara pandang dalam bekerja.

Baca Juga : Sosialisasi Prokes, Polres Jember dan URC Gojek Bagi-Bagi Masker hingga Vitamin

Maka dari itu, perkembangan IT adalah sesuatu yang harus diikuti jika tidak akan ketinggalan oleh situasi yang semakin maju. Itu mengingat kondisi masyarakat semakin dinamis, kehidupan semakin komplek, kebutuhan semakin beragam, ritme kerja semakin mobile dan cepat serta tantangannya semakin tinggi dan intens.

"Saya berharap terus ada inovasi di bidang pelayanan publik, sebagai bukti komitmen dalam rangka meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat," kata bupati.

Untuk diketahui, selain acara launching pelayanan administrasi kependudukan online klinik adminduk dengan aplikasi Pandu Cakti, juga dilakukan penandatangan naskah perjanjian kerja sama (PKS) antara Dispendukcapil dengan ketua TP PKK Kabupetn, OPD, direktur PT Pos, kepala desa dan kelurahan se Kabupaten Tulungagung, serta penggunaan mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM).

Topik
Layanan Adminduk Layanan adminduk di Tulungagung pemkab tulungagung Bupati Tulungagung Maryoto Birowo berita tulungagung

Berita Lainnya