Jatim Times Network Logo
30/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Bawa Kabur Motor, Maling di Tulungagung Justru Tertangkap Pemilik Kendaraan

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

05 - Oct - 2021, 12:13

Pelaku pencurian sepeda motor berinisial BSA. (Foto: Dok. Humas Polres Tulungagung)
Pelaku pencurian sepeda motor berinisial BSA. (Foto: Dok. Humas Polres Tulungagung)

JATIMTIMES - Tak jadi untung malah berakhir buntung. Itu ungkapan yang tepat untuk pemuda berinisial BSA (24). 

Bagaimana tidak. Setelah berhasil membawa kabur sepeda motor Honda Supra X 125 Nopol AG 6740 TL milik Rokim (61), warga Dusun Krajan, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol,  Tulungagung, pelaku justru tertangkap oleh pemilik motor. Pelaku akhirnya diserahkan ke Unit Reskrim Polsek Sumbergempol.

Baca Juga : Layani Kebutuhan Kicau Mania, Budidaya Ulat Kandang di Tulungagung Makin Menggiurkan

Kapolsek Sumbergempol AKP I Nengah Suteja melalui Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Nenny Sasongko membenarkan kejadian itu. Menurut dia,  saat ini pelaku telah menghuni rumah tahanan Polsek Sumbergempol.

Nenny membeberkan, setelah pelaku membawa kabur sepeda motor milik korban dan dibawa belum terlalu jauh, aksi pemuda asal Lingkungan 4 RT.001/RW.002, Desa/Kecamatan Ngunut ini diketahui oleh pemilik dan saksi. Karena itu, pemilik dan saksi  melakukan pengejaran.

"Alhasil, pelaku berhasil diamankan oleh pemilik sepeda motor yang dibantu oleh saksi. Selanjutnya menyerahkan pelaku ke anggota Unit Reskrim Polsek Sumbergempol  Minggu (3/10/2021) sekira pukul 21.00 WIB," kata Nenny. Selasa (5/10/2021).

Setelah berhasil diamankan, pelaku beserta barang buktinya langsung dibawa ke Mapolsek Sumbergempol guna dilakukan proses lebih lanjut. Termasuk dilakukan pengecekan tersangka merupakan residivis atau bukan.

Atas kejadian tindak pidana pencurian kendaraan itu, pelaku akan dikenakan Pasal 363 KUH Pidana.

Baca Juga : Polisi Amankan Obyek Vital, Kopdar Komunitas di Tulungagung Akhirnya Batal Terselenggara

Agar kejadian itu tidak terulang, Nenny mengiimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan memberikan keamanan ganda terhadap sepeda motornya agar tidak menjadi korban pencurian. 

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak memberi kesempatan terhadap para pelaku tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor)," tutupnya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy