Lima Tahun Berlalu, Kenangan Om Telolet Om Masih Terasa di Tulungagung | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Lima Tahun Berlalu, Kenangan Om Telolet Om Masih Terasa di Tulungagung

Sep 18, 2021 20:24
Foto dokumentasi The Jakarta Post
Foto dokumentasi The Jakarta Post

JATIMTIMES - Lima tahun yang lalu, dunia maya dan bahkan di kehidupan nyata dihebohkan 'wabah' frasa om telolet om. Asal wabah ini disebutkan berasal dari keisengan para remaja dan ABG di Jepara Jawa Tengah, wabah om telolet om kemudian menjadi tren di Indonesia bahkan mendunia. 

Om telolet om adalah kendaraan lalu lintas seperti bus yang memiliki klakson dengan bunyi sangat lantang. Tak seperti mobil pada umumnya, bus-bus saat itu memiliki klakson dengan irama panjang dengan bunyi  "telolet".

Baca Juga : Bek Kiri Persik Kediri Dipanggil Timnas, Begini Keterangannya

"Sudah kita lepas, sekarang takut dibilang bikin gaduh," kata Hari, kondektur bus antar provinsi saat ditemui di terminal Tulungagung, Sabtu (18/09/2021). 

Saat musim om telolet om pada tahun 2016 lalu, banyak gerombolan anak-anak yang berkumpul di pinggir jalan. 

Dalam banyak video yang diunggah di YouTube, mereka terlihat membawa kertas karton besar bertuliskan, om telolet om yang diarahkan ke arah jalan raya.

"Jika ada anak-anak yang meminta, klakson telolet om kita bunyikan dan mereka senang," ujarnya. 

Banyak warganet di Tulungagung masih ingat, kendaraan yang mayoritas adalah bus mengeluarkan suara "telolet", para remaja ini langsung sumringah kegirangan dan melompat-lompat sambil divideokan dan diunggah di media sosial. 

Baca Juga : Pilwabup di Tulungagung Usai, Anggota DPRD: Tak Ada Bagi-Bagi Uang

Karena ingin gaya beda, banyak yang iseng melakukan om telolet om dengan berdiri di samping rel kereta api untuk meminta klakson dari masinis. 

"Bahkan ada yang memodifikasi video yang diunggah bergaya berdiri di lapangan menunggu helikopter atau pesawat terbang lewat untuk di telolet," kata Netizen, Noor Andri. 

Pada perkembangan, wabah ini menjangkit para musisi internasional seperti Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers dan banyak postingan lain untuk meramaikan jagad maya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Om Telolet Om klakson telolet

Berita Lainnya