Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

3 Tahun "Menduda", Kini Bupati Tulungagung Resmi Punya Pasangan

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

18 - Sep - 2021, 17:09

Cawabup Tulungagung Terpilih Gatut Sunu Wibowo (tengah) bersama pengurus PDIP Tulungagung. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Cawabup Tulungagung Terpilih Gatut Sunu Wibowo (tengah) bersama pengurus PDIP Tulungagung. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Kurang lebih tiga tahun kursi jabatan wakil bupati (wabup) Tulungagung mengalami kekosongan. Selesainya paripurna pilwabup sisa masa jabatan 2018-2023 dan ditetapkannya wabup terpilih hari ini, Sabtu (18/9/2021), membuat kekosongan jabatan wabup Tulungagung akan segera terisi.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan,  pemilihan wabup sisa masa jabatan 2018-2023 sudah dilaksanakan. Hasilnya,  Gatut Sini Wibowo terpilih dengan perolehan suara 34.

Baca Juga : Pelatih Timnas Indonesia Panggil Lima Pemain Arema

Menurut Maryoto, selesainya paripurna pilwabup akan dituangkan dalam berita acara penetapan calon terpilih dan dilengkapi dengan administrasi lainnya. Kemudian berita acara beserta kelengkapan lainnya diserahkan ke Pemkab Tulungagung untuk dikirim ke mendagri melalui gubernur Jawa Timur.

Untuk lama proses, Maryoto mengatakan, selama berkas kelengkapan sudah dikirim ke pemkab, pemkab akan segera menindaklanjuti untuk diteruskan ke gubernur Jawa Timur.

"Yang jelas kalau berita acara selesai, hari Senin atau Selasa nanti dikirim ke pemkab sekaligus nanti saya kirim ke mendagri lewat gubernur," kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai mengikuti paripurna pemilihan wabup di Kantor DPRD Tulungagung. Sabtu (18/9/2021).

Dengan selesai proses pengisian wabup, Maryoto berharap bisa menambah semangat untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintahan. Selain itu, pengisian kekosongan wabup juga merupakan amanat UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan di Daerah.

"Harapannya, dengan adanya pengisian wabup akan menambah semangat. Tentunya kinerja akan lebih ditingkatkan," ucap Maryoto.

Di tempat yang sama, wabup Tulungagung terpilih Gatut Sunu Wibowo mengatakan, adanya pro kontra selama proses pilwabup adalah proses alami. Untuk itu, dirinya mengajak agar semuanya bergandengan tangan dan bersatu dalam membangun Tulungagung.

Baca Juga : Gatut Sunu Menang Telak, Pengacara Kondang Tulungagung Cukur Gundul

Karena belum berpengalaman di bidang birokrasi, Gatut Sunu mengaku akan selalu berkoordinasi dengan bupati dan terus belajar mengenai urusan birokrasi. Selain itu, dirinya akan melakukan komunikasi dengan semua OPD (organisasi perangkat daerah)  untuk merumuskan dan mencari solusi supaya Tulungagung bisa lebih sejahtera. "Mengenai birokrasi harus banyak belajar dan akan komunikasi dengan semua SKPD," katanya.

Gatut Sunu juga mengimbau  para pendukunganya untuk menghentikan perang dukungan di media sosial (medsos). Dia berharap semua elemen bisa bersatu demi Kabupaten Tulungagung tercinta.

Untuk diketahui, paripurna pilwabup Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023 hasilnya adalah sebagai berikut:  Cawabup nomor urut 1 Gatut Sunu Wibowo yang diusung PDIP mendapatkan 34 suara dan cawabup nomor urut 2 Panhis Yudy Wirawan yang diusung Partai Nasdem mendapatkan 15 suara.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy