Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Jadi Wilayah Pertama & Satu-satunya yang Level 1, Tempat Wisata di Jatim akan Terapkan One Gate System

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

18 - Sep - 2021, 09:11

Surabayar, Jawa Timur (Foto: Fimela.com)
Surabayar, Jawa Timur (Foto: Fimela.com)

JATIMTIMES - Jawa Timur (Jatim) saat ini menjadi provinsi pertama dan satu-satunya wilayah level 1 sesuai assessmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Untuk mempertahankan capaian ini, sektor pariwisata di wilayah Jatim disebut akan menerapkan one gate system.

"Tempat wisata, metodenya kita akan membuat one gate sistem. Kemudian kedua, aplikasi PeduliLindungi, yang ketiga pelaksanaan vaksinasi kepada seluruh komponen masyarakat yang terlibat di dalam pariwisata," ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga : Bank Jatim Borong Dua Penghargaan di Ajang Indonesia Human Capital Award 

Nico juga mengatakan dirinya sempat mengecek 2 tempat wisata yakni Bromo, dan Sarangan. Di sana, pelaku pariwisata seperti penjual, UMKM hingga penunggang kuda di Bromo juga sudah divaksin minimal dosis pertama.

Sehingga nanti, kata Nico, dalam ketentuan one gate sistem orang yang keluar dan masuk akan menunjukkan atau men-scanning QR code yang sudah terpasang di lokasi.  

"Kemudian semuanya sudah tervaksinasi, harapannya dengan disiplin prokes maka itu bisa berjalan dengan baik," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut terdapat 254 tempat wisata di Jatim yang akan segera dibuka.

"Tempat wisata ada 254 yang sebetulnya sudah bersiap berproses untuk dibuka," ujar Khofifah.

Baca Juga : Bantuan Nyata, Polres Malang Angkat Anak Asuh Yatim Piatu Korban Covid-19

Khofifah juga menyebut sebanyak 154 dari 254 tempat wisata ini sudah mulai dibuka. Namun demikian, ia mengatakan jika tempat wisata air belum diizinkan untuk buka.

"Dari 254, ada 154 yang sudah mulai dibuka. Semua wisata yang terkait dengan wisata air belum diizinkan untuk dibuka termasuk hotel yang punya kolam renang belum diizinkan untuk dibuka. Jadi apa yang kita lakukan adalah terbatas bertahap," tambahnya.


Topik

Wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni