Sehari Jelang Pilwabup Tulungagung, Inilah Peta Dukungannya, Siapa Pemenangnya? | Tulungagung TIMES

Sehari Jelang Pilwabup Tulungagung, Inilah Peta Dukungannya, Siapa Pemenangnya?

Sep 17, 2021 19:20
Foto pertemuan salah satu kandidat yang tersebar di media massa (Foto: Istimewa/ TulungagungTIMES)
Foto pertemuan salah satu kandidat yang tersebar di media massa (Foto: Istimewa/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Kompetisi meraih kemenangan dalam kancah Pilwabup Kabupaten Tulungagung, tampaknya makin seru sehari menjelang paripurna pemilihan. Hal ini terungkap dari strategi yang dilakukan dua kandidat yang bertarung yakni Gatut Sunu Wibowo dan Panhis Yody Wirawan.

Di pihak Gatut Sunu misalkan, pada Kamis (16/09/2021) malam berkumpul anggota DPRD lintas partai di kediamannya, Desa Gandong Kecamatan Bandung.

Baca Juga : Dinamika Menarik di DPRD Tulungagung, Dari Berondong Interupsi hingga Perubahan Tatib

"Ada anggota dari beberapa partai, ada yang utuh datang semua anggota fraksi dan ada yang datang sebagian," kata SA (initial) sumber terpercaya yang enggan disebut namanya.

Lanjut AS, kedatangan para anggota DPRD Kabupaten Tulungagung ini atas undangan Gatut Sunu. Tujuannya, selain konsolidasi pemantaban untuk memastikan jumlah dukungan, juga merancang strategi dalam memenangkan pemilihan wakil bupati yang akan digelar Sabtu (18/09/2021). 

"Banyak yang diobrolkan, tapi tidak bisa kita sampaikan karena menyangkut strategi," ujarnya. 

Dari foto yang beredar, meski terlihat kurang jelas beberapa anggota fraksi yang hadir itu di antaranya dari partai pengusung yakni PDIP dan juga tampak dari PAN, Golkar serta Gerindra. 

Saat dikonfirmasi, Gatut Sunu Wibowo tidak memberikan penjelasan terkait pertemuan ini. Sementara, salah satu pendukung dari Panhis Yody Wirawan mengatakan meski calon yang diusung start belakangan namun peluang kemenangan masih terbuka. 

"Ada peluang menang, tim kami ini mayoritas anggota DPRD dan pihak ketiga yang cakap dalam lobby," kata ES (initial). 

Berangkat dari 3 kursi Nasdem, lobby yang dilakukan bersambut dengan baik oleh partai lain. Kabar merapatnya partai tengah dan partai kecil yang punya kursi di DPRD Tulungagung menjadikan calon nomor urut 02 ini semakin mengejar jumlah dukungan. 

Di bursa prediksi misalnya, Panhis yang awalnya terpaut hingga jumlah margin jauh kini semakin mendekat dengan rivalnya. 

Ketua DPC Nasdem Kabupaten Tulungagung, Ahmad Jadi saat dikonfirmasi tidak merespon panggilan media ini. Namun, Sekretaris DPC Tatang Adiwiyono meminta doa restu dari masyarakat agar calon yang diusung partainya bisa menang dalam pemilihan. 

Baca Juga : Bupati Ngawi Lantik 197 Pegawai Eselon II, III dan IV

"Mudah-mudahan saja, calon kita setelah membacakan visi dan misinya dapat dukungan mayoritas," kata Tatang, dihubungi melalui jaringan seluler.

Mengenai jumlah kekuatan suara riil dukungan, Tatang mengaku tidak tau pasti. Nasdem sebagai pengusung menurutnya menyerahkan sepenuhnya lobby untuk mencari dukungan ke calon yang diusung. 

"Lobby dukungan ada pada calon, kita memberikan support penuh namun semua juga tergantung upaya dari yang kita usung," terangnya. 

Partai Nasdem Kabupaten Tulungagung menurut Tatang tidak melakukan upaya karantina pada anggota DPRD yang hendak ikut Paripurna pemilihan Cawabup, esok hari. 

"Tidak ada karantina, bahkan malam ini internal partai Nasdem akan menggelar acara tirakatan," ungkapnya. 

Untuk mendapat kepastian kekuatan dukungan, JatimTIMES sulit menggali informasi detail. Para anggota DPRD dan ketua partai tidak mengangkat HPnya saat hendak dimintai konfirmasi. 

Dari informasi terpercaya, karantina dilakukan oleh calon pada anggota DPRD pendukungnya dengan menggunakan angkutan bus ke suatu tempat yang belum diketahui dalam rangka mengamankan dukungan suara. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemilihan wabup Tulungagung cawabup tulungagung

Berita Lainnya