Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Antisipasi Kebakaran, Petugas Lapas Blitar Ikuti Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

14 - Sep - 2021, 15:07

Petugas Lapas Blitar ikuti pelatihan penanggulangan kebakaran.(Foto : Team JATIMTIMES)
Petugas Lapas Blitar ikuti pelatihan penanggulangan kebakaran.(Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Antisipasi kebakaran dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Blitar dengan menggelar pelatihan penanggulangan kebakaran, Selasa (14/9/2021). Hal ini dilakukan usai terjadinya kebakaran besar yang mengakibatkan jatuhnya puluhan korban jiwa di Lapas Tangerang.

Pelatihan penanggulangan kebakaran diikuti para petugas Lapas  Kelas IIB Blitar. Mereka diberikan paparan materi oleh Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Blitar. Para petugas Lapas nampak bersemangat. Selain materi berupa teori, mereka juga praktik langsung cara pemadaman api menggunakan apar dan kain basah.

Baca Juga : DPC FKDT Tuban Gelar Pelatihan Operator Pendataan Madin dan Guru

Plt Kepala Lapas Kelas IIB Blitar Tatang Suherman mengatakan, petugas Lapas memiliki tanggung jawab memelihara dan merawat aset dari gangguan di dalam area Lapas. Gangguan tersebut termasuk hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan warga binaan.

“Pelatihan ini diikuti oleh seluruh petugas lapas. Mereka diajari soal cara mengatasi jika ada kobaran api," kata Tatang, Selasa (14/9/2021).

Tatang menambahkan, pelatihan ini bukan semata-mata karena kasus kebakaran di Lapas Tangerang melainkan sudah masuk dalam  perencanaan di Lapas Kelas IIB Blitar.

“Pelatihan ini sudah dalam perencanaan kami. Kami minta agar pelatihan ini dipercepat. Kami koordinasikan untuk segera melaksanakan pelatihan," imbuhnya.

Baca Juga : Naik Rp 8,9 Miliar, Berikut Rincian Lengkap Harta Kekayaan Presiden Jokowi dari Tanah hingga Kendaraan

Sebagai informasi, saat ini jumlah Napi di LP Kelas IIB Blitar sebanyak 574 orang. Sedang kapasitas LP Kelas IIB Blitar hanya 132 orang. Terjadi over kapasitas di LP Kelas IIB Blitar. Adapun untuk petugas di Lapas Blitar saat ini berjumlah 68 orang.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana