Mirip Facebook, Twitter Mulai Uji Coba Fitur Baru 'Komunitas' | Tulungagung TIMES

Mirip Facebook, Twitter Mulai Uji Coba Fitur Baru 'Komunitas'

Sep 12, 2021 10:41
Uji coba fitur Komunitas Twitter. (Foto: Twitter).
Uji coba fitur Komunitas Twitter. (Foto: Twitter).

JATIMTIMES - Hadirnya fitur-fitur baru dalam platform sosial media menjadi sebuah inovasi yang tak berkesudahan. Peran media sosial yang cukup menyita publik terus ditambah dengan sajian fitur baru untuk memanjakan penggunanya.

Twitter salah satunya, yang saat ini tengah melakukan uji coba fitur baru untuk memberikan ruang bagi penggunanya mengobrol dalam sebuah kelompok. Fitur yang akan dihadirkan ini bertajuk Communities atau Komunitas.

Baca Juga : 3 Orang Pertama yang Masuk Neraka Meski Beramal

Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membuat pengguna saling berinteraksi dalam satu komunitas. Hadirnya fitur baru ini seakan menjadi pesaing fitur Grup di Facebook atau forum internet Reddit yang memiliki fungsi serupa.

Komunitas yang saat ini masih dalam tahap uji coba tersebut baru tersedia untuk sekelompok kecil pengguna. Fitur ini bisa diakses lewat tab khusus di bagian bawah aplikasi Twitter versi iOS di iPhone atau bar samping di website Twitter.com, sementara versi Android hanya bisa untuk membaca tweet dari Communities.

Mirip seperti Grup Facebook, setiap Komunitas Twitter akan memiliki moderator yang dapat menetapkan aturan, termasuk mengundang dan menghapus pengguna lain dari keanggotaan komunitas. Selain moderator, anggota di dalamnya juga bisa mengajak pengguna lain untuk bergabung Komunitas.

Sayangnya, pengguna di luar Komunitas tidak bisa masuk tanpa undangan moderator atau anggota. Ini yang membuat pengguna lebih sulit bergabung Komunitas Twitter dibanding masuk Grup Facebook.

"Saat ini, Anda masih harus diundang oleh moderator atau anggota lainnya (untuk bisa masuk ke salah satu Komunitas), namun kami akan segera menyediakan lebih banyak cara untuk Anda menemukan dan bergabung dengan Komunitas," ujar Twitter di blog resminya.

Baca Juga : Samsung A22 Harga dan Spesifikasi Terlengkap

Bila pengguna telah bergabung dengan salah satu Komunitas, pengguna bisa berkicau langsung di dalamnya. Dari apa yang diperbincangkan, Komunitas ini lingkupnya terbatas. Sebab, hanya anggota komunitas yang dapat membalas dan menyukai tweet kamu.

Meski hanya anggota yang bisa ikut dalam percakapan Komunitas, tweet yang ada di dalamnya bersifat publik. Artinya, semua pengguna bisa membaca, melakukan quote tweet, hingga melaporkan cuitan yang ada di dalam Komunitas.

Namun, kapan secara resmi hal ini bakal diterapkan, Twitter belum menginformasikan lebih rinci . Perusahaan belum mengungkap kapan Komunitas Twitter diluncurkan kepada seluruh pengguna.

Topik
Akun Twitter fitur baru twitter fitur komunitas twitter

Berita Lainnya