Hebat, Bupati Tulungagung Terima 2 Penghargaan Sekaligus di Top BUMD Awards 2021 | Tulungagung TIMES

Hebat, Bupati Tulungagung Terima 2 Penghargaan Sekaligus di Top BUMD Awards 2021

Sep 11, 2021 18:01
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo (tengah) saat menerima penghargaan Top BUMD Awards 2021 di Jakarta. (Foto: Dok. Humas Pemkab)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo (tengah) saat menerima penghargaan Top BUMD Awards 2021 di Jakarta. (Foto: Dok. Humas Pemkab)

JATIMTIMES - Prestasi membanggakan kembali diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung. Pasalnya, dalam acara tingkat nasional, yaitu Top BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo menerima dua penghargaan sekaligus.

Dua penghargaan yang diterima pada Jumat (10/9/2021) malam itu adalah Top of The Top BUMD 2021 RSUD Iskak Tulungagung dan PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda) yang berhasil menyampaikan presentasi dan wawancara penjurian Top BUMD Awards 2021.

Baca Juga : Bukan Mobilnya Kok Digadaikan, Pria Tulungagung Ini Malah Ketemu Lagi Sama Penadahnya di Kantor Polisi

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, RSUD dr. Iskak Tulungagung membutuhkan perjalanan dan proses yang cukup lama dalam mendapatkan penghargaan dari Top BUMD ini.

Selain itu, RSUD terbesar di Tulungagung ini  selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya pengobatan gratis sehingga tidak ada istilah masyarakat tidak mampu yang tidak terlayani kesehatannya.

"Tentu saja kita sebagai pelayan masyarakat. Metode secara teknis perlu adanya inovasi. Jadi, ini harus jelas dan nampak. Harus berbenah terus agar kiprah semakin bisa ditingkatkan dan bahwa RSUD Iskak bisa melayani semua masyarakat," kata Maryoto.

Dijelaskan, gerakan yang dilakukan adalah dari segi manajerial. RSUD dr Iskak menjadi rumah sakit rujukan di wilayah Tulungagung. Artinya jika ada penyakit yang cukup berat, maka pasien dikirim ke RSUD dr Iskak. "Dilihat dari situlah, terlihat layanan publiknya cukup bagus," jelasnya.

Sedangkan PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda), kata Maryoto, telah berhasil menyampaikan presentasi dan wawancara penjurian Top BUMD Awards 2021 yang akhirnya ditetapkan untuk mendapatkan pengharggan tersebut.

Tak hanya mencari laba, Bank Tulungagung sebagai BUMD milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung memberikan kontribusi terhadap pemda dan pembangunan daerah. "Kontribusi tersebut antara lain berupa setoran PAD yang berasal dari laba perusahaan," ungkapnya.

Baca Juga : Olahraga Yoga Memberi Dampak Positif Gejala Menopause

Bank Tulungagung, lanjut Maryoto, juga berkontribusi membantu UMKM dengan menyalurkan kredit UKM dengan bunga murah, yakni hanya 0,5 persen, per bulan yang bersumber dana dari modal penyertaan.  

Seperti yang diketahui, ajang penghargaan Top BUMD Awards 2021 kembali diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga tim penilai.

Kegiatan Top BUMD Awards ini diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016. 

Topik
Top BUMD Award pemkab tulungagung RSUD dr Iskak Tulungagung pt bpr bank tulungagung

Berita Lainnya