Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jawa Bali Sumbang 67,76 % Kasus Covid-19, Akurasi Data di Daerah Jadi Perhatian

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Pipit Anggraeni

11 - Sep - 2021, 07:57

Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  Prof Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers yang secara virtual yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) (Ist)
Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  Prof Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers yang secara virtual yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) (Ist)

JATIMTIMES - Pemerintah terus memantau perkembangan Covid-19 di seluruh  wilayah di tanah air dan mengevaluasi penanganannya. Hingga saat ini, Pulau Jawa dan Bali masih menjadi wilayah terbesar penyebaran virus, baik kasus positif, kematian maupun kasus aktif.

Namun begitu, tingkat kesembuhan di wilayah ini, juga mengalami peningkatan. Demikian dikatakan Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang secara virtual digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN).

Baca Juga : Terpilih Uji Coba Buka, Selecta Pilih Tunggu Kota Batu Turun Level 2

Dilihat dari jumlah kasus positif, wilayah Jawa Bali menyumbang 67,76 persen dari total kasus nasional. Menyusul pada urutan berikutnya adalah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan  Maluku-Papua di urutan terakhir dalam hal jumlah kasus positif. 

“Artinya, persentase kasus positif sejalan dengan persentase kasus meninggal pada pulau-pulau di Indonesia,” ujar Prof. Wiku. 

Menurutnya, tingginya kasus positif di Pulau Jawa Bali dikarenakan wilayah terebut mendominasi populasi di Indonesia. Selain itu, juga terdapat ibukota negara di dalamnya, sehingga aktivitas  sosial ekonominya cenderung lebih padat.

1

Meski begitu, dibandingkan kasus positif pada bulan sebelumnya, maka kasus positif di Pulau Jawa Bali secara umum telah mengalami penurunan sebesar 74 persen. Prof Wiku mengimbau kepada setiap daerah di Indonesia untuk segera melakukan sinkronisasi data agar perkembangan Covid-19 di daerah terpantau lebih akurat. 

Khususnya kepada daerah-daerah yang menyumbang kasus tertinggi. Pengawasan kepatuhan protokol kesehatan utamanya pada fasilitas umum dan fasilitas sosial melalui Satgas Posko Fasilitas Publik harus ditingkatkan. Selain itu, perlu adanya penguatan Satgas Posko di tingkat desa atau kelurahan untuk memastikan pencegahan Covid-19 dilakukan sajak dari tingkatan terkecil.

Kewaspadaan harus selalu dijaga, mengingat perkembangan virus Covid-19 masih cukup dinamis. Virus Covid-19, menurut Prof Wiku, seperti halnya semua virus, memiliki sifat alami untuk mengalami perubahan terus-menerus. Virus akan terus bermutasi selama virus masih ada di tengah  masyarakat, baik pada skala lokal maupun global. 

Baca Juga : Pekan Depan, 14 Sekolah di Kota Batu Susul Gelar Pembelajaran Tatap Muka

“Dalam hal ini, pemerintah melalui berbagai kebijakan menyeluruh, senantiasa berusaha menekan angka kasus. Semakin rendah penularan yang terjadi, semakin kecil pula kemungkinan virus mengalami perubahan menjadi varian baru,” ungkap Prof Wiku. 

Karena itu, pemerintah mengharapkan masyarakat terus menjaga kesehatan dan mengurangi risiko terpapar virus Covid-19 dengan cara disiplin mengenakan masker, melakukan vaksinasi, juga menerapkan protokol kesehatan lainnya. 

Wilayah geografis Indonesia yang luas dalam profil kepulauan, menuntut strategi pengendalian yang disertai kolaborasi dan sinergi kuat dari berbagai pihak. Dengan partisipasi tiap individu, 
dampak pandemi akan lebih terkendali. 

Dalam masa kedaruratan ini, dirinya mengajak masyarakat untuk menanggapi dinamika seperti ini dengan cermat. Yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan, tanpa terlalu takut berlebihan, serta melakukan pembelajaran dan perbaikan tiada henti.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Pipit Anggraeni