Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Melihat Hunian Nyaman Rocky Gerung di Atas Tebing yang Diklaim Milik Sentul City

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

09 - Sep - 2021, 14:28

Rocky Gerung (Foto: Grid)
Rocky Gerung (Foto: Grid)

JATIMTIMES - Kabar mengejutkan datang dari pengamat politik Rocky Gerung. Pasalnya, pengamat dengan ciri khas kata 'dungu' itu, mengadu ke pemerintah usai mendapat somasi dari PT Sentul City, Tbk terkait kepemilikan tanah di Bojong Koneng, Kabupaten Bogor. 

Pengaduan tersebut dilakukan kuasa hukum Rocky, Haris Azhat melalui surat ke Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Isi somasi dari PT Sentul City Tbk intinya ialah memerintahkan Rocky segera mengosongkan rumahnya atau akan berhadapan dengan hukum pidana.

Baca Juga : Bupati Lumajang Akan Ke BNPB, Untuk Tanyakan Bantuan Rehab Rumah Korban Gempa

Haris pun mengatakan Rocky merupakan pemilik dan penguasa absolut tanah serta bangunan di Blok 026 Kampung Gunung Batu RT 02 RW 11, Kelurahan Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Oleh sebab itu, Rocky menolak meninggalkan kediamannya seperti yang diminta oleh pihak Sentul City lewat somasi.

"Demi menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas tanah dan bangunan milik klien kami, kami mohon kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor untuk dapat menindaklanjuti dan menyelesaikan pengaduan terhadap dugaan tindakan penyerobotan tanah yang diduga dilakukan oleh PT Sentul City, Tbk," tulis Haris dalam surat bernomor 207/WK-Lokataru/IX/2021 tertanggal 6 September 2021.

Haris juga menjelaskan Rocky telah menjadi penguasa fisik tanah dan bangunan di lokasi itu sejak 2009 silam. Sebelum Rocky, tempat itu dikuasai oleh Andi Junaedi sejak 1960.

Rocky, kata Haris, mendapatkan tanah itu secara sah dengan surat pernyataan oper alih garapan. Surat itu, dicatat Kelurahan Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dengan nomor 592/VI/2009 tanggal 1 Juni 2009.

Lebih lanjut, Haris menyebut tidak pernah ada pihak yang mengklaim tanah itu sejak 1960. Namun, Sentul City tiba-tiba mengklaim kepemilikan atas tanah tersebut. 

Haris juga menyampaikan Sentul City memberi waktu 7x24 jam ke Rocky untuk mengosongkan dan membongkar bangunan. Dalam somasi itu juga, Sentul City mengancam Rocky dengan pasal 167, 170, dan 385 KUHP.

"Kami menilai seluruh poin somasi tersebut karena PT Sentul City, Tbk bukan merupakan pemilik yang patut dan sah menurut hukum sebagaimana Sertifikat Hak Guna Bangunan Nomor 2412 dan 2411," ujar Haris.

Sayangnya, hingga kini pihak Sentul City masih belum memberikan konfirmasi terkait somasi yang diberikan ke ROcky Gerung. Namun, dipantau melalui keterangan di situs resmi Sentul City, pengembang ini berencana memanfaatkan lahan Desa Bojong Koneng. 

Hal ini merupakan upaya pengembangan areal yang sebelumnya telah terbangun di beberapa desa yang lebih dulu seperti Desa Citaringgul, Desa Babakan Maadang.

"Dalam rencana memanfaatkan lahan, kami di dukung penuh oleh warga desa setempat, sebagaimana sudah terbukti selama ini telah memajukan desa sekitar," ujar kuasa hukum PT Sentul City Tbk Antoni dalam keterangan persnya, Jumat (3/9/2021) lalu. 

Lantas seperti apa suasana hunian Rocky Gerung yang diklaim milik Sentul City?

Penampakan rumah pria 62 tahun ini terpantau melalui tayangan YouTube Alvin & Friends iNews TV pada Juni 2019 lalu. Melalui tayangan Alvin & Friends, Rocky mengungkapkan jika lokasi rumahnya dulu adalah tebing yang curam dan gersang.

"Dulunya cuma ada satu pohon," ungkapnya.

Baca Juga : Kepala Sekolah dan Wakil Camat Masuk 10 Pejabat Negara Terkaya, Hartanya Triliunan

Ia lantas menyulap tebing itu menjadi sebuah hunian yang nyaman dan asri. Rumah Rocky pun dikelilingi dengan banyak pohon besar dan tanaman hias.

Di rumah Rocky Gerung juga terdapat sebuah gazebo yang digunakan saat santai. Sedangkan di dalam rumahnya terdapat beberapa lukisan dan perabot terbuat dari kayu.

1. Akses jalan menuju rumah Rocky Gerung

Akses jalan menuju rumah Rocky Gerung
Akses jalan menuju rumah Rocky Gerung (YouTube Alvin & Friends)

Tampak Alvin Adam yang berada di anak tangga untuk menuju kediaman Rocky Gerung. Terlihat jelas suasana menuju rumah Rocky yang dikelilingi dengan pepohonan.

2. Gazebo di rumah Rocky Gerung

Gazebo di rumah Rocky Gerung
Gazebo di rumah Rocky Gerung (YouTube Alvin & Friends)

Alvin Adam dan Rocky Gerung terlihat santai berada di gazebo rumah. Keduanya terlihat asyik mengobrol dengan suasana yang asri.

3. Teras rumah

Teras rumah Rocky Gerung
Teras rumah Rocky Gerung (YouTube Alvin & Friends)

Teras rumah Rocky Gerung terlihat asri dengan pemandangan pepohonan di belakangnya. Terdapat juga tempat duduk dari kayu yang bisa digunakan untuk bersantai.

4. Dalam rumah

Suasana dalam rumah Rocky Gerung
Suasana dalam rumah Rocky Gerung (YouTube Alvin & Friends)

Terlihat suasana dalam rumah Rocky Gerung dengan perabotan dari kayu dan beberapa lukisan. Dindingnya pun tampak bernuansa klasik.


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni