Jatim Times Network Logo
30/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sekdes PNS di Tulungagung Akan Ditarik, Bupati Sampaikan Pengecualian

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

08 - Sep - 2021, 06:34

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Polemik Sekretaris Desa (sekdes) unsur PNS di Kabupaten Tulungagung, mulai terurai dan menemukan titik terang. Akhir tahun 2021 ini, Aparat Sipil Negara (ASN) yang ditugaskan menjadi sekdes dipastikan akan ditarik oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Ketegasan ini disampaikan oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat dikonfirmasi awak media, Rabu (8/9/2021). Menurutnya, penarikan ini akan dilakukan secara bertahap bagi PNS yang masih menjabat sebagai Sekdes di sekitar 30 desa se-Kabupaten Tulungagung.

"Kita tarik secara bertahap," kata Maryoto Birowo. 

Baca Juga : Pimpin Sertijab Sejumlah PJU dan Kapolsek Jajaran, Ini Amanah Kapolres Tulungagung

Penarikan ini juga dengan pertimbangan atau catatan masa kerja. Jika PNS yang menduduki jabatan Sekretaris Desa ini jelang purna tugas, maka Pemkab Tulungagung akan mempertahankan posisinya. 

"Berikutnya kalau mau pensiun tinggal 2 atau 3 bulan ya tidak usah (ditarik), agar mengurus administrasi pensiun mudah," ungkapnya.

Kecuali itu, jika pemerintah desa melalui Kepala Desa meminta dengan surat resmi agar PNS yang menjabat sebagai Sekdes dipertahankan, maka menurut Bupati jabatannya juga akan dipertahankan.

Baca Juga : Inilah 5 Kelebihan WA Web untuk Penggunanya

Sebelumnya, polemik Sekdes berstatus PNS ini sempat menimbulkan polemik antara Forum Komunikasi Pemerintah Desa (FKPD) dan Forum Sekretaris Desa Indonesia (Forsekdesi). 

Ada dua kriteria di Tulungagung terkait status ini menurut data dari FKPD, yaitu Pegawai Negeri Sipil yang ditugaskan sebagai Sekdes sebanyak 27 orang dan Sekretaris Desa yang diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara sebanyak 88 orang. Namun data ini masih terus berubah karena masih dimungkinkan ada penambahan laporan kepala desa yang belum di input. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana