Dukung Proses Tumbuh Kembang, Pemkot Kediri Beri Bantuan Pada ABH dan PMKS di Kota Kediri | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Dukung Proses Tumbuh Kembang, Pemkot Kediri Beri Bantuan Pada ABH dan PMKS di Kota Kediri

Sep 07, 2021 19:43
Bertempat di Bank Jatim Kediri Pemkot Kediri memberikan bantuan pada 28 anak, Selasa, (07/09). (Foto: Dok Pemkot Kediri)
Bertempat di Bank Jatim Kediri Pemkot Kediri memberikan bantuan pada 28 anak, Selasa, (07/09). (Foto: Dok Pemkot Kediri)

JATIMTIMES - Bertempat di Bank Jatim Kediri, Pemkot Kediri memberikan bantuan pada 28 anak, Selasa, (7/9/2021). Bantuan yang bersumber dari APBD Kota Kediri ini sebagai pemenuhan hak dan dukungan pada Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Diharapkan bantuan ini dapat mendukung proses tumbuh kembang anak-anak. 

Terkait hal tersebut, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, Pemerintah harus hadir mendukung tumbuh kembang anak, sebagai wujud Kota Kediri sebagai Kota Layak Anak.

Baca Juga : Masyarakat Kota Blitar Antusias Ikuti Program Vaksinasi, Presiden Jokowi Beri Apresiasi

"Program bantuan ini diharapkan bisa membantu anak-anak memenuhi kebutuhan pendidikannya. Apalagi di masa pandemi, yang memaksa pembelajaran jarak jauh, maka kebutuhan sekolah juga bertambah untuk belajar online,” ujar Mas Abu.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut menyampaikan, sasaran penerima bantuan ini diperoleh dari laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) per kelurahan, yang sudah dilakukan asesmen dan verifikasi lapangan oleh Dinas Sosial Kota Kediri.

“Saat ini terdapat 28 penerima, yaitu 18 ABH dan 10 anak lainnya dengan latar belakang PMKS. Mereka sudah kami validasi dengan beberapa rangkaian asesmen, sehingga kami harapkan bantuan ini dapat tepat sasaran,” ujar Kutut.

“Mereka terdiri dari beberapa latar belakang sosial yang berbeda. Ada yang sedang dalam permasalahan hukum dan ada juga anak terlantar atau tanpa pengasuh. Sejauh ini, kami melakukan penguatan dan pendampingan agar mereka menjadi anak yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Kediri Luluk Nita Kumala menjelaskan, selain pemberian bantuan tersebut, Dinas Sosial secara rutin memberikan dukungan dan pendampingan.

Baca Juga : Klaim Wali Kota Eri Cahyadi soal Surabaya Masuk PPKM Level 2 Dianggap Bisa Menyesatkan

"Dinsos bersama TRC secara rutin memberikan pendampingan kepada mereka. Mulai dari pemulihan psikologis, pendampingan hukum, serta bantuan administratif pencatatan kependudukan dan bantuan pendidikan," ucapnya.

Salah satu penerima bantuan adalah SY, wali dari MN, mengaku cukup bersyukur dengan adanya bantuan ini dan nantinya akan dipergunakan untuk membeli kebutuhan sekolah.

“Awalnya saya didatangi ke rumah oleh salah satu petugas (Dinsos), lalu diberitahu kalau akan diberi bantuan. Alhamdulillah ini nanti uangnya akan dipakai untuk membeli buku pelajaran dan seragam sekolah MN,” ujar SY.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
bank jatim kediri Walikota Kediri

Berita Lainnya