Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Gedebog Pisang Dijual Mahal di Amerika, Ternyata Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

05 - Sep - 2021, 12:52

Gedebog pisang yang dijual di salah satu supermarket di Amerika. (Foto: istimewa)
Gedebog pisang yang dijual di salah satu supermarket di Amerika. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Siapa pun mungkin sudah tidak asing dengan gedebog pisang atau dalam bahasa Indonesia disebut batang pisang. Soalnya, tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia.

Namun, yang dimanfaatkan di Indonesia lebih banyak buahnya. Gedebog biasanya dibuang ketika panen pisang.

Baca Juga : RIB Kunjungi Masjid Syuhada, Rumah Ibadah Diproyeksikan Atasi Permasalahan Sosial Masyarakat

Padahal, di Amerika Serikat, gedebog pisang laku dijual. Bahkan, gedebog setebal kurang lebih 15 sentimeter dihargai cukup mahal, yakni  $5,95  atau kurang lebih setara dengan Rp 85 ribu.

Ternyata, setelah diteliti,  ada banyak manfaat atau khasiat gedebog pisang. Batang pohon pisang bisa digunakan sebagai ramuan obat alami untuk mengobati atau mencegah beberapa penyakit berbahaya. Cara mengonsumsinya bisa juga dengan dibuat jus.

Dikutip dari Himedik, berikut lima manfaat jus batang pohon pisang:

1. Detoksifikasi dan pencernaan

Jus batang pohon pisang dapat membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi) dari dalam tubuh dan bahan alami ini sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan yang menyebabkan penyakit. Sebab, jus batang pohon pisang ini membantu memperlancar buang air besar (BAB) dan mengandung serat baik untuk usus manusia.

2. Mengobati batu ginjal dan ISK

Jus batang pohon pisang akan lebih berkhasiat lagi jika dicampur dengan kapulaga. Gunanya untuk melemaskan kandung kemih dan mencegah penyakit batu ginjal.

Jus batang pohon pisang  bisa dicampur jeruk nipis untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Cara ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan penyakit ISK (infeksi saluran kemih).

3.  Menurunkan berat badan

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil di Kota Batu Bisa di Enam Pelayanan Kesehatan Ini

 

Jus batang pohon pisang yang mengandung serat juga memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia. Hasilnya, batang pohon pisang ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan kandungan kalorinya juga tidak akan membuat berat badan naik drastis.

4. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah

Jus batang pohon pisang juga kaya akan vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin manusia. Selain itu, minuman ini diperkaya kalium yang efektif mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi.

5. Menyembuhkan asam lambung

Bagi orang yang memiliki masalah sakit lambung atau asam lambung, jus batang pohon pisang bisa jadi pilihan sebagai ramuan obat alami. Pasalnya, jus batang pisang efektif membantu mengatur kadar asam dalam tubuh dan mengembalikan keseimbangan.

Penderita asam lambung tidak akan lagi merasakan perut perih atau panas seperti terbakar hanya dengan minum jus batang pohon pisang secara rutin.


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy