Tak Masukkan Tanggal Lahir, Instagram Bakal Kunci Akun Pengguna Secara Otomatis | Tulungagung TIMES

Tak Masukkan Tanggal Lahir, Instagram Bakal Kunci Akun Pengguna Secara Otomatis

Sep 05, 2021 11:37
Ilustrasi Instagram. (Foto: source google).
Ilustrasi Instagram. (Foto: source google).

JATIMTIMES - Platform media sosial terus meningkatkan kualitas fitur yang dihadirkan bagi penggunanya. Salah satunya media sosial Instagram.

Tak hanya menghadirkan fitur yang membuat penggunanya berkreatifitas, kali ini fitur baru yang dihadirkan lebih mengedepankan keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Baca Juga : Jurnal PANGRIPTA, Upaya Bappeda Fasilitasi Penulis Karya Ilmiah di Kota Malang untuk Dipublikasikan

Ya, Instagram bakal mengunci akun para pengguna yang tidak mendaftarkan tanggal lahirnya di platform media sosial tersebut. Langkah ini diambil untuk menjamin penggunaan akses digital itu lebih aman, terutama bagi pengguna muda.

Dilansir dari berbagai sumber, fitur-fitur keamanan ini dihadirkan dengan tepat untuk bisa mengelompokkan penggunaan akses Instagram berdasarkan kelompok usia penggunanya.

Dengan aturan baru ini, Instagram menunjukkan rasa aman kepada pengguna di bawah umur, lebih khusus lagi menjauhkan mereka dari predator seks di dalam media sosial tersebut.

Sebagaimana yang tengah marak diperbincangkan di tanah air akhir-akhir ini, kasus-kasus pelecehan seksual banyak bermunculan dari berbagai platform. Hal ini rupanya turut menjadi perhatian platform sosial media, Instagram.

Instagram juga telah mengumumkan akan meluncurkan berbagai fitur yang dirancang untuk melindungi pengguna di bawah usia 18 tahun.

Fitur-fitur itu antara lain, profil privat untuk anak-anak, menciptakan algoritma untuk mengidentifikasi serta menyensor pengguna dewasa dengan perilaku aneh dari pengguna di bawah umur, dan membatasi orang-orang yang bisa mengirim pesan ke pengguna di bawah umur.

Baca Juga : Soal Kuota Pemain Senior, Tony Ho: Saya Ingin Cari Pemain yang Miliki Attitude dan Pekerja Keras

Untuk memastikan semua pengguna memasukkan data usia di platformnya, Instagram akan mengambil dua langkah. Pertama, setiap pengguna akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir mereka saat membuka Instagram.

Jika tidak dilakukan, pihak Instagram akan terus mengirim notifikasi. Dan jika masih tak diindahkan, maka pada titik tertentu pengguna tidak akan lagi bisa masuk ke Instagram sampai menyerahkan informasi tanggal lahir yang diminta.

Kedua, Instagram juga akan menyematkan peringatan pada konten-konten tertentu yang hanya bisa dilihat jika pengguna memasukkan informasi tanggal lahirnya. Peringatan ini mirip dengan yang sudah digunakan pada konten-konten yang dinilai sensitif.

Topik
Instagram Fitur Baru Instagram Media Sosial Dunia teknologi

Berita Lainnya