Lantik Pejabat Fungsional Pemadam Kebakaran, Ini Pesan dan Harapan Wali Kota Blitar | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Lantik Pejabat Fungsional Pemadam Kebakaran, Ini Pesan dan Harapan Wali Kota Blitar

Sep 03, 2021 16:27
Wali Kota Blitar melantik pejabat fungsional pemadam kebakaran.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)
Wali Kota Blitar melantik pejabat fungsional pemadam kebakaran.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Blitar Santoso melantik sejumlah pejabat fungsional UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Blitar. Pelantikan dilaksanakan di ruang Sasana Praja Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, Jumat (3/9/2021).

Ditemui awak media usai pelantikan, Santoso menyampaikan pelantikan pejabat fungsional UPT Damkar ini menindaklanjuti surat dari Kemenpan Reformasi Birokrasi. Surat tersebut menyatakan harus dilakukan pelantikan pejabat-pejabat fungsional di lingkungan pemerintah daerah, di mana adalah pejabat fungsional Pemadam Kebakaran.

Baca Juga : Mangkrak 11 Tahun, Legislatif Minta Pemkot Malang Tegas Sikapi Revitalisasi Pasar Blimbing

“Saya berharap setelah dilantik, pejabat fungsional Pemadam Kebakaran bisa bekerja maksimal sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Saya berpesan mereka lebih semangat lagi dalam bekerja. Jabatan ini adalah amanah yang harus dijalankan” kata Santoso.

Santoso menambahkan, keberadaan petugas Damkar itu saat ini sangat penting dalam rangka mengantisipasi sewaktu-waktu terjadinya peristiwa kebakaran. Hal ini karena kebakaran bisa terjadi di mana saja. Baik itu di perumahan penduduk, pertokoan, perkantoran hingga pasar tradisional.

“Kita siapkan tenaga pemadam kebakaran yang profesional. Sehingga jika sewaktu-waktu ada kejadian kebakaran akan bisa segera diatasi. Cepat tanggap terhadap kejadian kebakaran kita harapkan akan dapat meminimalisir kerugian warga yang menjadi korban kebakaran,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kota Blitar menilai sejauh ini kinerja UPT Damkar Kota Blitar cukup baik. Dia melihat anggota Damkar cukup sigap dalam menjalankan tugasnya.

“Kinerja petugas Damkar kita cukup baik. Ini dibuktikan dari kejadian-kejadian kebakaran di wilayah Kota Blitar, baik skala kecil maupun skala besar dapat dituntaskan oleh petugas  Damkar dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Kota Blitar Sujarwa menyampaikan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang digelar hari ini sifatnya pengalihan dari jabatan struktural ke jabatan fungsional. Total ada 10 pejabat fungsional UPT Pemadam Kebakaran yang dilantik kali ini.

Baca Juga : Nyolong Dagangan di Toko Blitar, 2 Emak-emak Asal Malang Diamankan Polisi

“Ini bukan tambahan personel, tapi pengalihan ASN pejabat struktural ke pejabat fungsional. Personel kita tetap. Pengalihan ini sesuai dengan surat keputusan dan ketentuan dari Kemenpan Reformasi Birokrasi,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan pengalihan dari struktural ke fungsional ini pemerintah berharap petugas pemadam kebakaran ke depan memiliki kualifikasi khusus. Sehingga kinerja sebagai petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan bisa benar-benar maksimal. Saat ini UPT Damkar Kota Blitar memiliki 23 personel. 10 diantaranya ASN dan sisanya adalah tenaga kontrak. Seluruhnya akan ditingkatkan skill dan kualitasnya.

“Kita terus berupaya meningkatkan skill dan kualitas aparatur pemadam kebakaran. Rencananya kita akan memberikan diklat kepada personel kami. Beberapa personel kami telah mengikuti diklat pemadam 1. Yang lainya nanti akan menyusul mengikuti diklat,” pungkas Sujarwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UPT Pemadam Kebakaran Kota Blitar pejabat fungsional damkar

Berita Lainnya