Tips Menggunakan Aplikasi PeduliLindung Agar Tidak Antre saat Masuk Mal | Tulungagung TIMES

Tips Menggunakan Aplikasi PeduliLindung Agar Tidak Antre saat Masuk Mal

Sep 02, 2021 08:51
PeduliLindungi (Foto: MSN)
PeduliLindungi (Foto: MSN)

JATIMTIMES - PeduliLindungi kini menjadi aplikasi penting bagi masyarakat dalam situasi pandemi Covid-19. Terlebih di masa PPKM ini pemerintah telah menganjurkan masyarakat wajib menggunakan aplikasi PeduliLindung untuk bisa masuk ke pusat perbelanjaan atau mal. 

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, nantinya akan diketahui apakah kalian sudah divaksin dan apakah sudah pernah melakukan tes Covid-19.

Baca Juga : Google Maps Uji Coba Fitur Terbaru, Bisa Informasikan Biaya Tol

Namun, sejumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi mengeluh karena mereka sulit melakukan check-in saat hendak masuk ke pusat perbelanjaan atau mal. Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari antrean akibat hal tersebut.

Beberapa orang umumnya mengalami kendala soal titik GPS di ponsel mereka yang tidak tepat hingga jaringan lemah saat hendak melakukan pindai kode batang (scan barcode). 

Titik GPS tidak tepat

Beberapa dari mereka mengeluhkan titik GPS pada ponsel masih menunjukkan lokasi sebelumnya saat hendak melakukan check-in di pusat perbelanjaan. Jika akses lokasi masih tertinggal di lokasi lain, fitur check-in tentu tidak dapat dilakukan karena aplikasi tidak mengetahui lokasi terkini dari pengguna.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengguna disarankan untuk tetap mengaktifkan fitur GPS sebelum sampai ke tempat tujuan. Hal ini bisa memudahkan deteksi lokasi saat melakukan pemindahan barcode.

Gunakan Wi-Fi Gratis saat Check-in

Selain tag lokasi yang bisa menghambat proses check-in di pusat perbelanjaan yakni jaringan internet ponsel yang dianggap menjadi penghambat selanjutnya. Untuk mengantisipasi kerumunan di pintu masuk mal, sejumlah pengelola mal memberikan akses Wi-Fi gratis agar mempermudah proses check-in di mal.

Jika fasilitas itu tersedia, pengunjung disarankan untuk memanfaatkan Wi-Fi gratis hanya untuk check-in. Dengan begitu, antrean di pintu masuk pun bisa cepat terurai.

Perbarui Aplikasi

Baca Juga : Terus Tebarkan Kebermanfaatan, Tim RIB Sosialisasi di Masjid Jami Al Juraij

Hambatan lain masyarakat bisa terjadi jika aplikasi yang di ponsel pengguna belum diperbarui (update). Sebab beberapa aplikasi baik di ponsel dengan sistem operasi iOS maupun Android tidak bisa berjalan jika pengguna belum mengunduh data pembaruan. 

Seperti diketahui, aplikasi PeduliLindungi juga wajib diperbarui secara berkala. Itulah beberapa tips menggunakan aplikasi PeduliLindungi agar terhindar dari kerumunan disaat berada pintu masuk mal. 

Topik
PeduliLindungi aplikasi pedulilindungi Pusat Perbelanjaan akses pedulilindungi

Berita Lainnya