Relawan Desa Bono Kecamatan Boyolangu Laksanakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Ini Tujuannya.. | Tulungagung TIMES

Relawan Desa Bono Kecamatan Boyolangu Laksanakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Ini Tujuannya..

Aug 24, 2021 22:02
Para relawan desa Bono, Kecamatan Boyolangu ikuti pelatihan pemulasaraan jenazah / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Para relawan desa Bono, Kecamatan Boyolangu ikuti pelatihan pemulasaraan jenazah / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Pelatihan pemulasaraan jenazah dilaksanakan di desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Selasa (24/08/2021). Pelatihan pemulasaraan jenazah ini diikuti para relawan Covid-19 di desa Bono yang dihadiri oleh petugas Puskesmas, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua BPD, LPM, Toma (tokoh masyarakat) setempat.

"Hari kita melaksanakan kegiatan pelatihan pemulasaraan jenazah, agar jika ada warga yang meninggal dunia baik yang positif Covid-19 atau yang negatif," kata Mujamil, Kepala Desa Bono.

Baca Juga : Ingin UKM Berkembang di Era Digital, Pemkot Kediri Keluarkan Program PAKE SUMPID

Dijelaskan Mujamil, kegiatan yang dilaksanakan ini diantaranya melatih para relawan di desa Bono yang terdiri dari tiga dusun yakni, Ngipik, Cluwok dan Bono. 

"Total relawan ada 6 tiap dusun dan di Bono ada tiga dusun dangan total 18 relawan, semua dilatih untuk memahami pemulasaraan dari aspek agama, aspek kesehatan, dan proses protokol kesehatan yang perlu diperhatikan. Sebab, cairan tubuh dari jenazah berkemungkinan untuk menularkan virus, sehingga perlu prosedur desinfeksi yang benar," ujar Mujamil. 

Lanjutnya, para relawan saat pelatihan diberi pengetahuan pemulasaraan jenazah mulai dari memandikan, membungkus dengan kafan, mensalatkan hingga menguburkan dengan protokol kesehatan. 

"Perlakuan pemulasaraan jenazah menggunakan protokol kesehatan, meskipun meninggal dirumah atau dirumah sakit," ungkapnya.

Para relawan menurut Kepala desa Bono wajib memiliki pengetahuan pemulasaraan jenazah agar dapat mengantisipasi kemungkinan adanya penularan virus kepada warga lainnya. 

Baca Juga : Wujudkan Blitar Lebih Maju dan Sejahtera, Bupati Rini Gandeng Unisba

"Ini masa pandemi, semua warga yang meninggal harus dilakukan pemulasaraan jenazah yang benar. Relawan desa telah diberikan teori dan prakteknya dan selanjutnya dapat mengaplikasikannya jika ada warga yang meninggal dunia," jelasnya. 

Jika sebelumnya, warga yang meninggal dunia harus dibawa ke rumah sakit untuk dimandikan. Kini, relawan desa bisa melalukan pemulasaraan mulai dari memandikan sampai menguburkannya dengan aman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pedoman Mengafani Jenazah Covid 19 berita tulungangung desa Bono kecamatan Boyolangu

Berita Lainnya