COIN EMAS Telah Berjalan 5 Tahun, Wali Kota Kediri: Salut, Jangkauannya Kini Nasional | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

COIN EMAS Telah Berjalan 5 Tahun, Wali Kota Kediri: Salut, Jangkauannya Kini Nasional

Aug 21, 2021 16:37
Dengan dirilisnya web series di Youtube, membuat program ini dapat dikenal masyarakat dunia. (Foto: Ist)
Dengan dirilisnya web series di Youtube, membuat program ini dapat dikenal masyarakat dunia. (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Competition in English Massive (COIN EMAS) kembali digelar pada tahun 2021. Ajang tahunan yang dimulai sejak tahun 2016, kini tidak hanya dikenal di Kota Kediri namun juga nasional.

Berawal dari peluncuran web series di kanal Youtube English Massive, COIN EMAS juga membuka kompetisi tingkat nasional. Yaitu National Writing Competition, National English Olympiad, dan Tiktok Challenge yang telah menarik perhatian peserta hingga dari luar Jawa.

Baca Juga : Pendidikan Vokasi UB Gelar PKKMB 2021, Berikut Paparan 3 Wadir

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar salut atas perjuangan dan pencapaian panitia memperluas jangkauan English Massive hingga tingkat nasional. 

“Dengan dirilisnya web series di Youtube, membuat program ini dapat dikenal masyarakat dunia. Lalu adanya lomba tingkat nasional, mampu menarik peserta hingga Jakarta, Pekanbaru, Batam, dan beberapa kota lain di Indonesia," ungkap Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Kondisi pandemi bukan halangan untuk belajar bahasa Inggris, melalui pembelajaran dan lomba yang dilaksanakan secara online, English massive masih bisa diakses secara luas.

"Saya yakin, English Massive dapat lebih menginspirasi masyarakat Kota Kediri bahkan se-Indonesia untuk lebih massif belajar bahasa Inggris," ujarnya .

Sabtu (21/8/2021), COIN EMAS 2021 memasuki babak final yang diselenggarakan secara online. Kompetisi Bahasa Inggris terbesar se-eks Karesidenan Kediri ini telah diikuti oleh 801 peserta. Terdapat 289 peserta yang mengikuti lomba. Dan kini tersaring 80 peserta dari 7 lomba yang ada. 

Diselenggarakam saat PPKM, maka 38 panitia memutuskan babak final untuk Fun Reading dan Speech-Storytelling Competition dilaksanakan secara daring. Sebelumnya, kedua lomba ini akan dilaksanakan secara luring. Keputusan ini diambil panitia tepat seminggu sebelum pelaksanaan final.

“Melihat kondisi pada saat itu belum ada keputusan perpanjangan PPKM, maka akhirnya kami tetap memutuskan untuk melaksanakan final melalui Zoom Meeting dan segera melakukan techniccal meeting bersama para peserta,” ujar Ketua Panitia COIN EMAS 2021, Sunarto.

Ia menambahkan, fokus panitia kini juga terpusat pada kelancaran koneksi dan antisipasi kendala yang diperkirakan akan terjadi selama perlombaan.

Baca Juga : 3 Desa Kota Batu Ranking 10 Besar Indeks Desa Membangun Mandiri Nasional, Pertama Desa Oro-Oro Ombo

“Kami menambah akun Zoom dikarenakan lomba yang akhirnya dijadwalkan bersamaan. Peserta Speech-Storytelling dan Fun Reading Competition diminta untuk merekam saat mereka tampil. Sehingga jika ada kendala koneksi, masih ada back-up untuk dinilai,” tambah Sunarto.

Tidak hanya kategori anak-anak dan remaja yang tersedia. Ada juga peserta Fun Reading dari kategori Teenager-Adult, yaitu Susi (38) yang mengikuti lomba dan masuk babak final bersama rekan duetnya, Triani (47). 

“Alasan saya ikut COIN EMAS ini, sebenarnya untuk memotivasi anak-anak yang ada di Spot Pures 2 untuk semangat belajar Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris tidak mengenal usia, kalau yang dewasa aja bisa, kenapa anak-anak tidak,” ujar Susi.

Sementara itu, babak Final COIN EMAS 2021 juga akan berlangsung pada tanggal 22 Agustus 2021 untuk Spelling Bee Competition dan Fun Reading Competition.

Lalu pada tanggal 26 Agustus 2021 akan ada rilis Web series English Massive Episode 4 serta pengumuman juara dan penyerahan piala COIN EMAS oleh Wali Kota Kediri di Ruang Joyoboyo, Balai Kota Kediri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Competition in English Massive coin emas

Berita Lainnya