Paripurna Pemilihan  Calon Wakil Bupati Tulungagung Digelar Pertengahan September | Tulungagung TIMES

Paripurna Pemilihan Calon Wakil Bupati Tulungagung Digelar Pertengahan September

Aug 21, 2021 11:31
Ketua Pansus Pilwabup Tulungagung Suprapto. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Ketua Pansus Pilwabup Tulungagung Suprapto. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Proses pengisian jabatan wakil bupati (wabup) Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023 terus berjalan. Jumat (20/08/2021), kedua cawabup telah mengirimkan berkas kelengkapan kepada panitia khusus pemilihan (pansuslih) di DPRD Tulungagung sehingga tahapan pilwabup bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Ketua Pansuslih di DPRD Suprapto mengatakan, berkas administrasi kedua cawabup sudah masuk kepadanya. Namun masih ada kekurangan, yaitu surat keterangan sehat jasmani dan rohani.

Baca Juga : Novel Bamukmin Ngaku Siap Jadi Cawapres Anies Baswedan, Lihat Dulu Hasil Surveinya

Menurut Suprapto, persyaratan yang ditentukan hanya menyebutkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah. Artinya, calon bebas memilih memakai rumah sakit mana yabg dipakai untuk mengurus administrasi kesehatan itu.

"Penyelesaian kelengkapan administrasi sampai tanggal 23 Agustus 2021, atau 7 hari terhitung dari tanggal 16 hingga 23 Agustus," kata Suprapto saat dikonfirmasi di kantornya.

Terkait dengan LHKPN (laporan harta kekayaan penyelenggara negara) kata Suprapto, kedua calon juga sudah melengkapi. Dan untuk mengurus surat tersebut, ternyata di KPK ada dua jalur. Pertama jalur yang sudah menjadi penyelenggara negara dan jalur kedua yang masih menjai calon penyelenggara negara.

Setelah berkas administrasi selesai semua, lanjutnya, tahap berikutnya adalah pansuslih akan memanggil partai pengusung bersama calonnya untuk pengundian nomor urut. Setelah itu tinggal paripurna penetapan 

"Tahap selanjutnya setelah berkas selesai semua, nanti kita panggil partai pengusung bersama calonnya untuk pengundian nomor. Setelah pengundian nomor, tinggal paripurna penetapan cawabup yang akan dipilih DPRD. Untuk jadwal tahapannya sudah semua dan paripurna pemilihannya 18 September 2021," ungkapnya.

Untuk diketahui, tahapan Pilwabup Tulungagung sisa masa jabatan 2018-2023 adalah sebagai berikut:

 1. Penerimaan pendaftaran pendaftaran dari gabungan partai pengusung melalui Bupati (05 Agustus 2021). 

2. Paripurna penetapan Pansus Pilwabup (13 Agustus 2021). 

3. Pemberitahuan pimpinan DPRD kepada pansuslih surat dari bupati terkait nama cawabup untuk dipilih di DPRD (16 Agustus 2021). 

4. Pansuslih mengadakan rapat-rapat, koordinasi dan konsultasi setelah menerima proposal dari pimpinan DPRD serta menyusun tata cara pemilihan. 

5. Pembukaan pendaftaran cawabup untuk segera mengirimkan persyaratan yang tembusannya kepada bupati) (16 Agustus 2021)[email protected] Verifikasi administrasi cawabup. (16-24 Agustus 2021). 

Baca Juga : Perjuangan Dapat Vaksin Covid-19 di Tulungagung, Datang Dini Hari hingga Diserbu Warga Luar Kota

7. Pemberitahuan hasil pengungkit oleh pansuslih kepada calon (25 Agustus 2021). 

8. Pemenuhan kelengkapan administrasi yang kurang/perbaikan dokumen (25-27 Agustus 2021). 

9. Rapat paripurna penetapan cawabup yang akan dipilih DPRD dan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut cawabup, dilanjutkan dengan; penyampaian visi dan misi, pelaksanaan pemungutan suara, penetapan cawabup terpilih. (menyesuaikan).

10. Pencetakan surat suara bergambar foto calon dan nomor urut. (11-16 September 2021/5 hari). 

11. Paripurna menyampaikan visi dan misi bupati dan wabup terpilih (17 September 2021). 

12. Paripurna pelaksanaan pemungutan suara dan berita acara pemungutan suara (18 September 2021).

13. Paripurna penetapan cawabup terpilih (18 September 2021). 

14. Pengusulan calon terpilih menjadi wabup ke gubernur melalui bupati (22 September 2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemilihan wabup Tulungagung berita tulungagung DPRD Tulungagung

Berita Lainnya