Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Perjuangan Dapat Vaksin Covid-19 di Tulungagung, Datang Dini Hari hingga Diserbu Warga Luar Kota

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

21 - Aug - 2021, 10:20

Warga antre vaksinasi covid-19 di Puskesmas Bendilwungu, Tulungagung.  (Foto:  Istimewa/Tulungagung TIMES)
Warga antre vaksinasi covid-19 di Puskesmas Bendilwungu, Tulungagung. (Foto: Istimewa/Tulungagung TIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Lokasi vaksinasi pertama di Kabupaten Tulungagung diserbu masyarakat. Saking banyaknya yang datang, ada kebijakan lokasi vaksin covid-19 dievaluasi untuk dilaksanakan di kantor desa masing-masing. 

Salah satu puskesmas yang diserbu calon penerima vaksin adalah Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol. Karena jadwal vaksin tersebar di media sosial, masyarakat yang datang banyak dari luar Kecamatan Sumbergempol. Bahkan, ditemukan beberapa masyarakat yang antre berasal dari luar Kabupaten Tulungagung. 

Baca Juga : Komisi III DPRD Banyuwangi Dorong Eksekutif Tuntaskan Masalah PDAU Secepatnya

"Sebetulnya semua puskesmas melaksanakan vaksinasi. Cuma banyak yang luar wilayah. Beberapa setelah ditanya dari Ngunut, Beji (Boyolangu). Bahkan ada yang dari Durenan (Trenggalek). Memang jadwal vaksinasi beredar di medsos," kata Kepala Puskesmas Bendilwungu Sigit Jaka Purnama, Sabtu (21/08/2021). 

Keadaan ini tidak dapat dihindari. Pasalnya, kesadaran masyarakat semakin baik seiring dengan kondisi penyebaran virus yang  didapatkan informasinya di media massa. Selain itu, kuota vaksin yang harus dibagi karena belum mencukupi membuat masyarakat ingin mendapatkannya lebih dahulu sebelum gilirannya. 

"Yang kita utamakan dalam wilayah kerja masing-masing. Misalkan di Bendilwungu ini yang divaksin kita utamakan di 9 desa," ujarnya.

Jika terkonsentrasi di puskesmas, jumlah calon penerima vaksin akan menumpuk. Sigit Jaka akan mengevaluasi agar ke depan tidak terjadi kerumunan dan mudah diatur. 

"Ke depan akan kita laksanakan di balai desa masing-masing. Jumlah dosis vaksin yang kita terima akan kita bagi dan bidan desa akan membuka pendaftaran di masing-masing desa untuk menentukan calon penerima," ungkapnya. 

Diakui Sigit Jaka, vaksinasi yang diakukan di kantor desa beberapa kali ada kendala terkait input data. Hal ini terjadi karena tidak semua kantor desa mempunyai layanan Internet yang lancar dan mumpuni untuk meng-update data kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan. 

Baca Juga : Ringankan Beban Warga, Perumdam Among Tirto Kota Batu Gratiskan dan Beri Diskon Pelanggan

Jawaban kepala Puskesmas Bendilwungu ini seakan mewakili keluhan masyarakat yang banyak diposting di media sosial. Selain menyoroti kerumunan, para peserta vaksinasi ini mengaku datang sejak pukul 04. 00 WIB dini hari. 

Sebelum matahari terbit, antrean nomor yang disiapkan puskesmas telah habis dan banyak peserta harus balik ke rumah karena jatah vaksin tidak mencukupi. 

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy