Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Bagi Perokok Berat yang Ingin Berhenti, Konsumsi 3 Obat Ini

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

07 - Aug - 2021, 08:28

Ilustrasi (Foto: Alcohol and Drug Foundation)
Ilustrasi (Foto: Alcohol and Drug Foundation)

INDONESIATIMES - Rokok sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa kaum pria. Bahkan, ada beberapa pria yang sudah tak lagi muda masih menjadi perokok berat

Diketahui, rokok sendiri memang tidak baik bagi kesehatan. Ada dari mereka yang sebenarnya ingin berhenti merokok demi kesehatan. Namun, bagi kalian yang perokok aktif dan berusaha berhenti merokok memang merupakan salah 1 hal terberat yang mereka lakukan. Berhenti merokok memang tidak mudah, terlebih jika kalian sudah kecanduan. 

Baca Juga : Habbatussauda Diteliti Sebagai Obat Covid-19, Ini Khasiatnya

Namun, obat biasanya bisa menjadi pilihan saat seseorang mengalami kesulitan yang teramat besar untuk menahan hasrat mengisap tembakau tersebut. Secara umum, terdapat beberapa jenis obat yang bisa membantu untuk berhenti merokok. 

Obat itu bisa dibeli di apotek atas resep dokter. Berikut ini 3 jenis obat yang bisa membantu berhenti merokok dan penjelasannya dilansir melalui Genpi.co:

1. Varenicline (Chantix®)

Varenicline (Chantix®) merupakan obat resep yang dapat mengganggu reseptor nikotin di otak. Obat ini bekerja dengan 2 efek, yakni mengurangi kenikmatan yang dirasakan dari merokok dan mengurangi gejala yang muncul saat konsumsi nikotin dikurangi.

Verenicline biasanya dikonsumsi setelah makan dengan segelas air putih. Pada 8 hari pertama, bagi kalian yang ingin berhenti merokok akan diberikan dosis yang cukup tinggi.

2. Bupropion 

Bupropion merupakan antidepresan yang dapat membantu mengurangi hasrat dan gejala saat nikotin dikurangi. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi bahan kimia di otak terkait kecanduan nikotin. 

Baca Juga : Banyak Rujukan dari Luar Daerah, BOR Pasien Covid-19 di RSUD dr Iskak Tulungagung Menjadi Tinggi

Bupropion dijual dengan merek Zyban®, Wellbutrin®, atau Aplenzin® di apotek.

3. Nortriptyline 

Nortriptyline adalah obat golongan antidepresi yang dapat membantu meminimalkan gejala pengurangan tembakau. Obat ini terbukti bisa meningkatkan peluang keberhasilan seseorang untuk berhenti merokok. Bukti tersebut didapat saat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum nortriptyline.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana