Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Jabatan Wakil Bupati Tulungagung Akan Segera Terisi, Kesepakatan Dua Partai Telah Ditandatangani

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Aug - 2021, 15:55

Penandatanganan kesepakatan dua partai pengusung yakni PDIP dan Nasdem (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Penandatanganan kesepakatan dua partai pengusung yakni PDIP dan Nasdem (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Kesepakatan dua partai yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Tulungagung dalam pengusungan dua calon wakil bupati berjalan lancar. 

Seluruh pengurus dua partai pengusung Sahri Mulyo - Maryoto Birowo (Sahto) dalam Pilkada 2018 itu menandatangani kesepakatan di Pendopo Bupati Tulungagung, Kamis (05/08 /2021).

Baca Juga : Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 Ditetapkan, Bupati Salwa Apresiasi Kinerja DPRD

Pasca penandatanganan kesepakatan, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan surat yang ditandatangani adalah pernyataan pengusung calon wakil bupati yang mekanismenya sudah berjalan.

"Ini adalah salah satu mekanisme berdasarkan Undang-Undang, setelah ditandatangani dikirim ke dewan dan hari ini sudah diterima ketua DPRD," kata Maryoto.

Bupati dari PDIP ini mengungkapkan, Surat Pernyataan yang dikirim ke DPRD telah lengkap ditandatangani oleh dua ketua dan sekretaris cabang partai dan dua calon tetap yakni, Gatut Sunu Wibowo dan Yodhy Panhis Wirawan.

Terkait kapan akan dilakukan pemilihan, Maryoto menyerahkan sepenuhnya ke panitia pemilihan (Panlih) yang sebentar lagi dibentuk setelah menerima surat kesepakatan tersebut.

"Kita tidak meminta karena sudah ada jadwalnya di Panlih," jelasnya.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Tulungagung Marsono di tempat yang sama mengatakan akan merapatkan segera dengan pimpinan dewan yang lain setelah menerima surat kesepakatan itu.

"Kita rapatkan dan kita tindaklanjuti bersama pimpinan dan segera akan membentuk Panlih sekaligus scedule jadwalnya," ucapnya.

Baca Juga : Formasi Dokter Spesialis di Kabupaten Malang Sepi Peminat

Ia menjelaskan, setelah dirapatkan di pimpinan dan disepakati dibentuk panitia pemilihan, baru jadwal akan disusun sekaligus. Marsono memperkirakan seminggu lagi Panlih pemilihan wakil bupati akan terbentuk.

"Setelah Panlih terbentuk baru dibuat jadwal, Minggu depan kemungkinan Panlih terbentuk. Setelah itu kita ikuti saja tahapan atau proses di sana, tidak bisa kita targetkan apakah minggu dan bulan ini," jelasnya.

Anggota panitia pemilihan sendiri menurut Marsono, sesuai Undang-Undang akan diisi oleh 12 orang. Sedangkan untuk rapat paripurna pemilihan setidaknya tetap dapat dilaksanakan meski ada anggota dewan yang belum jelas ikut atau tidaknya memilih.

"Ketentuannya kan kuorum, jika misalnya ada 2/3 anggota yang hadir kan tetap sah," pungkasnya.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni