Tarik Wisatawan, Pemdes Winong Kerja Bakti Bareng Warga Lebarkan Jalan ke Jowin | Tulungagung TIMES

Tarik Wisatawan, Pemdes Winong Kerja Bakti Bareng Warga Lebarkan Jalan ke Jowin

Aug 04, 2021 14:07
Sejumlah Perangkat Desa kerja Bhakti bersihkan jalan ke Puncak Jowin (Foto : Anang Basso/ Tulungagung TIMES)
Sejumlah Perangkat Desa kerja Bhakti bersihkan jalan ke Puncak Jowin (Foto : Anang Basso/ Tulungagung TIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Sejumlah perangkat dan anggota Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung melakukan kerja bakti membersihkan dan memperbaiki jalan akses Puncak Jowin (Joho-Winong). 

Pembersihan itu dilaksanakan dalam rangka persiapan menambah lebar jalan yang menghubungkan lokasi wisata Jowin agar dapat dilalui pengunjung yang semakin hari semakin bertambah sebelum adanya pendemi Covid-19 lalu. 

Baca Juga : Survei Elektabilitas Capres 2024 Indostrategic, Prabowo Unggul, Puan Tak Masuk 10 Besar

 

"Pelebaran jalan yang akan kita laksanakan ini dalam rangka untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Jowin satu saat nanti," kata kepala desa Winong, Sutejo, Rabu (04/08/2021). 

Tampak, warga Dusun Ngledok secara sukarela membantu pembersihan jalan dan area pedagang kaki lima untuk ditata kembali. 

"Jika jalan sudah lebar dan dapat dilalui lancar, pembangunan lokasi jualan juga kita rapikan dan di tata ulang," ujarnya. 

Jalan cor yang terdiri dari dua lajur itu saat ini hanya 2,6 meter saja lebarnya. Dengan penambahan masing-masing sisi 1,75 meter diharapkan di masa yang akan datang jalan utama menuju Jowin dapat digunakan simpangan dua roda empat yang berlawanan arus. 

"Kita anggarkan dari dana desa (DD) setelah masyarakat di sepanjang jalan ini membuat kesepakatan dalam bentuk pernyataan bermaterai. Jalan ini adalah jalan umum dan akan di manfaatkan untuk kepentingan umum," paparnya. 

Baca Juga : Manfaat dan Cara Kerja Vaksin Covid-19 Bagi Ibu Hamil, Bantu Janin Dapatkan Antibodi

 

Desa Winong sendiri adalah desa yang mempunyai jumlah kepala keluarga sebanyak 1168 KK. Terbagi menjadi enam dusun diantaranya, Ngambal, Winong, Branjang, Mongkrong, Tumpak Joho dan Ngledok dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang signifikan. 

Dengan dua potensi wisata yakni telaga Ngambal dan Puncak Jowin, Sutejo berharap ke depan masyarakat yang dari dulu hanya mengandalkan penghasilan dari berkebun, kelak dapat mengembangkan wisata sebagai ladang ekonomi baru untuk kesejahteraan. 

Puncak Jowin sendiri adalah lokasi yang berada di lahan Perhutani KRPH Ngampel BKPH Kalidawir RPH Blitar ini. Belakangan destinasi tersebut hits karena panorama alamnya yang indah. Bertempat di jalan antara desa Joho dan Winong, puncak Jowin telah dilakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Perhutani dan pengelola, kini  menjadi salah satu idola goweser, juga menjadi lokasi rest area keluarga yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. 

Topik
objek wisata jowin puncak jowin wisata alam jowin Kabupaten Tulungagung

Berita Lainnya