Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Kabar Gembira, Beasiswa LPDP Kembali Buka, Simak informasinya

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

31 - Jul - 2021, 18:46

Ilustrasi beasiswa LPDP(Ist)
Ilustrasi beasiswa LPDP(Ist)

MALANGTIMES - Kabar gembira, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan kembali membuka beasiswa bagi program pascasarjana dan doktoral tahap kedua.

Dilansir dari situs resmi lpdp.kemenkeu.go.id, beasiswa tersebut akan dibuka mulai 1 Agustus 2021 hingga 8 September 2021. Serupa dengan tahap pertama, program beasiswa yang dibuka kali ini terdapat tiga jenis beasiswa. Yakni, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Umum. 

Baca Juga : Kematian Ibu Hamil Akibat Covid-19 Cukup Tinggi, Vaksinasi Ibu Hamil Jadi Harapan

Dalam Beasiswa Afirmasi terdapat tiga jenis beasiswa. Pertama, beasiswa berkebutuhan khusus yaitu beasiswa dengan sasaran kelompok berkebutuhan khusus/difabel. Mereka adalah masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan LPDP, khususnya penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras.

Kedua, Beasiswa Daerah Afirmasi. Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP. Ketiga, Beasiswa Prasejahtera dengan sasaran masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera.

Pada Beasiswa Targeted, terdapat dua jenis beasiswa. Yakni Beasiswa PNS, TNI, dan Polri. Beasiswa ini diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/Polri yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister atau menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa Doktor. Untuk Beasiswa Kewirausahaan, adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.

Kemudian untuk Beasiswa umum, juga terdapat tiga jenis beasiswa. Yakni, pertama Beasiswa Reguler. Beasiswa ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi diploma empat (D4)/sarjana (S1) untuk beasiswa doktor luar negeri.

Beasiswa selanjutnya adalah Beasiswa PTUD. Beasiswa ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor. Dan Beasiswa Co Funding adalah, beasiswa yang ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri program Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia melalui skema Besiswa Semi Mandiri.

Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP 

Pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan dengan mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP, https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/  Setelah itu, pendaftar harus melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran. Selanjutnya, pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi atau pendaftaran.

1

Usia mendaftar, selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi pada tanggal 9 sampai 23 September, berlanjut pada 24 September pengumuman hasil seleksi administrasi, 4 sampai 8 Oktober seleksi substansi akademik dan kebangsaan, 13 Oktober pengumuman hasil seleksi substansi akademik dan kebangsaan, 25 Oktober sampai 26 November seleksi wawancara dan terakhir pengumuman hasil seleksi wawancara tanggal 23 Desember 2021. 

Pada tahap 2, memulai perkuliahan paling cepat Januari 2022 untuk tujuan Dalam Negeri. Sedangkan untuk tujuan luar negeri, akan dimulai paling cepat, Februari 2022.

Untuk diketahui juga, pendaftaran beasiswa pendidikan LPDP ini diperuntukkan bagi calon peserta yang belum atau sudah mengantongi unconditional letter of acceptance (LoA). LoA merupakan surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan seseorang telah diterima tanpa syarat. Unconditional LoA itu juga memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta intake studi.

Baca Juga : Kasusnya Tak Ada Kabar, Tagar #MunarmanKalianApakan Sempat Trending Twitter, Ini Jawaban Polri

Jika pendaftar mengunggah unconditional LoA, maka harus memenuhi kriteria sebagai berikut: 

1. Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran

2. Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait perkuliahan paling cepat yang diizinkan.

3. Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA.

4. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, maka LoA tidak dianggap atau diabaikan (status menjadi ‘belum memiliki LoA').


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana