Sabet Juara 2 Tingkat Provinsi, Solo Vokal Diproyeksikan Jadi Andalan SMPN 6 Tulungagung | Tulungagung TIMES

Sabet Juara 2 Tingkat Provinsi, Solo Vokal Diproyeksikan Jadi Andalan SMPN 6 Tulungagung

Jul 31, 2021 12:25
Siswi SMPN 6 Tulungagung yang dapat juara 2 tingkat Provinsi Meisa Zahra Anggun Amalia. (Foto: Dok. Pribadi)
Siswi SMPN 6 Tulungagung yang dapat juara 2 tingkat Provinsi Meisa Zahra Anggun Amalia. (Foto: Dok. Pribadi)

TULUNGAGUNGTIMES - Kata hebat dan membanggakan, mungkin kata yang pas diberikan kepada SMPN 6 Tulungagung. Bagaimana tidak, salah satu siswa sekolah menengah pertama negeri ini berhasil mengharumkan nama Tulungagung di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Diketahui, dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi jenjang SMP Tahun 2020, siswi kelas 8 SMPN 6 Tulungagung Meisa Zahra Anggun Amalia berhasil menyabet juara 2 untuk kategori solo vokal.

Baca Juga : UGM Kerahkan Mahasiswa KKN-PPM dan Bantu Unit Pelayanan Kesehatan Atasi Covid-19 di Jawa Timur

"Yang mewakili Kabupaten Tulungagung ada 2 SMP, dan Alhamdulillah SMPN 6 dapat juara 2 tingkat provinsi," kata salah satu guru SMPN 6 Tulungagung Agung Wibowo, Sabtu (31/07/2021).

Dijelaskan, dalam FLS2N ada 3 judul lagu yang dinilai, 2 lagu wajib yang ditentukan panitia yaitu Merakit dan Bahagia serta 1 judul lagu daerah yaitu Tulungagung Ayem Tentrem.

Karena masa pandemi covid-19, kompetisi tingkat nasional yang berlangsung 11 September 2020 itu dilakukan secara virtual dengan mengirim video ke pusat prestasi nasional Kemendikbud RI.

Menurut Agung, di SMPN 6 memang ada ekstra kurikuler paduan suara, dan siswi yang sekarang duduk di kelas 8 itu, kebetulan dari kecil sudah mempunyai bakat menyanyi.

"Insyaallah akan dijadikan program unggulan dan dijadikan icon SMPN 6," kata pria yang juga merupakan orang tua dari siswi berprestasi itu.

Untuk jenjang berikutnya, lanjut Agung, SMPN 6 mulai menyiapkan untuk mengikuti 3 kompetisi, pertama solo vokal dalam Jambore Nasional Pramuka Kwartal Tulungagung, cover lagu daerah dan iklan layanan masyarakat dengan tema covid-19.

"Yang akan kita kirim tetap, karena untuk siswa baru kita belum ada tatap muka, jadi belum tahu bibit baru yang berprestasi," ungkapnya.

Sebagai Guru sekaligus orang tua, Agung selalu menekankan kepada anak, jangan cepat bangga dengan 1 prestasi, karena prestasi itu merupakan pengalaman untuk jenjang berikutnya.

Baca Juga : Pemkab Malang Kirim Surat ke Kemenkes, Ini Isinya

Artinya jangan berbangga dulu dengan apa yang didapat, tetap rendah hati, selalu belajar dan terus berkreasi.

Sementara itu Kepala SMPN 6 Tulungagung Adi Sutignyo mengatakan, pihaknya akan terus mendorong dan memfasilitasi siswa yang berbakat untuk terus berkompetisi agar prestasi siswa terus meningkat.

"Kita terus mendorong siswa-siswi berprestasi untuk mengikuti kompetisi lagi dalam FLS2N tahun ini," tegasnya.

Untuk diketahui, dalam kompetisi Jambore Nasional Pramuka Kwartal Tulungagung, SMPN 6 Tulungagung telah menyiapkan SDM, untuk regu laki-laki dinakhodai Arka Pengestu Wibowo (piano klasik) dan perempuan dinakhodai Meisa Zahra Anggun Amalia (vokalis).

Tak hanya berprestasi di sekolah, kedua siswa SMPN 6 itu juga terus berkreasi di luar dengan membuat cover lagu segala genre musik termasuk dangdut, kroncong, piano klasik, campursari, dan pop yang diupload di channel youtube pribadinya.

Topik
prestasi siswa tulungagung Dinas Pendidikan tulungagung smpn 6 tulungagung fls2n jatim

Berita Lainnya